SUARA INDONESIA

KPU Pasuruan Lantik PPK dan PPS, Segini Honor Mereka

Awin Wildania - 24 January 2023 | 19:01
Politik KPU Pasuruan Lantik PPK dan PPS, Segini Honor Mereka

PASURUAN - Sebanyak 1.095 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik. Mereka akan bertugas mengawal dan menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan pemilu 2024.

Pelantikan itu berlangsung, Selasa (24/1/2023). Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin memimpin jalannya pelantikan tersebut.

Menurut Faizin-sapaannya, pasca dilantik mereka akan langsung bertugas. Ada beberapa kegiatan yang harus mereka lakukan. Termasuk menunjuk pantarlih atau panitia pendaftaran pemilih. “Mereka akan langsung bertugas setelah dilantik,” paparnya.

Faizin menjelaskan, para tenaga PPS ini dilantik pasca pelantikan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dilakukan, beberapa waktu sebelumnya. Sebagai tenaga yang akan bertugas dalam pemilu 2024, mereka akan mendapatkan honor yang disesuaikan oleh pemerintah pusat.

Honor itupun mengalami kenaikan dibandingkan pemilu pada periode sebelumnya. Faizin mencatat, honor untuk Ketua PPK pada periode sebelumnya, hanya Rp 1,8 juta per bulan. 

Namun, pada periode saat ini, mereka akan mendapatkan honor hingga Rp 2,5 juta setiap bulan. Sementara untuk anggota PPK, semula hanya mendapatkan honor Rp 1,5 juta. Sedangkan periode pemilu saat ini, mereka akan mendapatkan honor Rp 2,3 juta perbulannya.

Di Kabupaten Pasuruan sendiri, ada sebanyak 120 petugas PPK. Mereka disebar di 24 kecamatan. Masing-masing, lima orang.

Sama dengan PPK, petugas PPS juga akan mengalami kenaikan honor. Semula, ketua PPS hanya mendapat honor Rp 1,1 juta setiap bulan. Namun saat ini, mereka bisa mendapatkan honor hingga Rp 1,5 juta per bulannya. Dan untuk anggota, dulunya mereka mendapatkan honor Rp 900 ribu perbulan. Sekarang, naik menjadi Rp 1,3 juta sebulannya.

“Kenaikan ini karena beban kerja mereka berat dan adanya inflasi. Pemerintah pusat melakukan penyesuaian hingga honor ini pun dilakukan penyesuaian,” ulasnya.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan akan mendukung sepenuhnya pemilu 2024. Karena, pemilu merupakan gawe dari negara.

Pewarta : Awin Wildania
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV