SUARA INDONESIA

Pendaftaran Pilkada Banyuwangi Ditutup, Ipuk-Mujiono Akan Head to Head dengan Ali Makki-Ali Ruchi

Muhammad Nurul Yaqin - 30 August 2024 | 10:08 - Dibaca 1.32k kali
Politik Pendaftaran Pilkada Banyuwangi Ditutup, Ipuk-Mujiono Akan Head to Head dengan Ali Makki-Ali Ruchi
Paslon cabup dan cawabup Ipuk-Mujiono (kiri) dan Ali Makki-Ali Ruchi (kanan) saat mendaftar ke KPU Banyuwangi. (Foto: Dok. suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Pendaftaran pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Banyuwangi resmi ditutup KPU, Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB.

KPU Banyuwangi mengumumkan, ada dua pasangan calon yang mendaftar. Masing-masing Ipuk Fiestiandani-Mujiono dan Ali Makki Zaini-Ali Ruchi.

“Kedua pasangan bakal calon ini statusnya lengkap dan diterima,” kata Ketua KPU Banyuwangi Dian Purnawan.

Dengan demikian, Pilkada Banyuwangi 2024 akan diisi hanya dua kandidat. Ipuk-Mujiono akan head to head dengan pasangan yang berjuluk Ali-Ali itu.

Dia berucap, ada penambahan dukungan terhadap pasangan Ipuk-Mujiono. Dari semula tercatat 8 parpol, kini ada tambahan 6 parpol yang dinyatakan resmi mengusung paslon tersebut.

"Jadi, total ada 14 parpol peserta pemilu yang mengusulkan nama bakal pasangan calon Ipuk Fiestiandani-Mujiono," jelasnya.

14 parpol yang resmi mengusung paslon Ipuk-Mujiono tersebut antara lain PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS, Perindo, PKN, PSI, Gelora, Partai Buruh, dan Partai Ummat.

Sedangkan, tambah Dian, lawan Ipuk-Mujiono yakni Ali-Ali diusung tunggal oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Paslon kedua dari PKB mengusulkan pasangan calon Ali Makki Zaini-Ali Ruchi," jelasnya.

Untuk tahapan selanjutnya, lanjut Dian, adalah penelitian administrasi pendaftaran beriringan dengan tahapan cek Kesehatan.

Untuk tes kesehatan dijadwalkan pada Jumat-Sabtu (30-31/08/2024) mulai jam 07.00 WIB di Rumah Sakit Dr. Syaiful Anwar Malang.

“Saat ini kedua paslon melangsungkan tes kesehatan jasmani di RS Syaiful Anwar. Untuk hari Sabtu dilanjut tes rohani,” kata Dian dikonfirmasi, Jumat (30/8/2024) pagi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV