SUARA INDONESIA

Kumpulan Kata-kata Inspirasi Pejuang Kemerdekaan, Bangkitkan Semangat Juang di Hari Pahlawan

Lukman Hadi - 06 November 2021 | 13:11 - Dibaca 2.97k kali
Sejarah Kumpulan Kata-kata Inspirasi Pejuang Kemerdekaan, Bangkitkan Semangat Juang di Hari Pahlawan
Patung Soekarno-Hatta di pintu masuk Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. (Foto: Lukman Hadi/suaraindonesia.co.id)

SURABAYA - Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan sudah sepatutnya kita hormati. Banyak dari mereka gugur gagah berani di medan pertempuran demi membela tanah air.

Karena perjuangan para pahlawan mengusir penjajah sehingga bisa mengantarkan Indonesia ke gerbang kemerdekaan. Terutama pertempuran hebat para pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah di Kota Surabaya.

Pertempuran berhari-hari itu membuat para pejuang banyak yang gugur di medan pertempuran. Meski pada akhirnya penjajah berhasil dipukul mundur.

Hingga kini, pertempuran di Surabaya tersebut menjadi peristiwa bersejarah yang akan selalu dikenang oleh bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, setiap 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang jasa-jasa mereka. Hal tersebut ditetapkan melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 1959.

Nah, biasanya masyarakat Indonesia banyak yang memperingati Hari Pahlawan dengan beragam cara, seperti memberikan ucapan via insta story di medsos, memposting foto-foto pahlawan hingga kata-kata para pahlawan.

Untuk kalian yang bingung mau memperingati Hari Pahlawan seperti apa, sederhana saja. Kalian bisa bagikan kata-kata inspirasi para pahlawan ke berbagai story medsos. 

Berikut kata-kata para pahlawan yang bisa menginspirasi dan mengobarkan api semangat kita, yang telah dirangkum suaraindonesia.co.id dari berbagai sumber:


1. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak," Ir. Soekarno (Presiden RI ke-1).

2. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya," Ir. Soekarno.

3. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia." Ir. Soekarno.

4. "Jik kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya." Ir. Soekarno.

5. "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antar bintang-bintang." Ir. Soekarno.

6. "Pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita. Sebab Allah selalu berada di pihak yang benar," Bung Tomo (Pejuang pertempuran 10 November Surabaya).

7. "Kita tunjukan bahwa kita benar-benar orang yang ingin merdeka, lebih baik hancur lebur daripada kita tidak merdeka." Bung Tomo.

8. "Agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Nasionalisme adalah bagian dari agama dan keduanya saling menguatkan." K.H Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlatul Ulama).

9. " Tak ada satu pun di dunia ini yang kekal. Maka, ukirlah cerita indah sebagai kenangan. Karena dunia memang sebuah cerita." KH. Hasyim Asy'ari.

10. "Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator." HOS Tjokroaminoto (Pendiri Sarekat Islam)

11. "Pertahankan kemerdekaannya sebulat-bulatnya. Sejengkal tanah pun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tetapi akan kita pertahankan habis-habisan. Meskipun kita tidak gentar akan gertakan lawan itu, tetapi kita pun harus selalu siap sedia." Jendral Sudirman.

12. "Lawan sastra ngesti mulya (Dengan Ilmu Kita Menuju Kemuliaan," Ki Hadjar Dewantara (Pelopor Pendidikan).

13. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." Bung Hatta (Wakil Presiden ke-1).

14. "Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran." Bung Hatta.

15. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." RA Kartini (Pelopor Kebangkitan Perempuan).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV