SUARA INDONESIA

Jelang Libur Akhir Tahun Makam Gus Dur di Jombang Dipadati Peziarah

Gono Dwi Santoso - 27 December 2021 | 11:12
Sejarah Jelang Libur Akhir Tahun Makam Gus Dur di Jombang Dipadati Peziarah

JOMBANG - Menjelang liburan akhir tahun makam Presiden ke - 4 Republik Indonesia ( Gus Dur ), tidak pernah sepi dari peziarah. Hampir tiap hari ribuan para peziarah datang untuk berziarah ke makam Gus Dur baik dari luar kota maupun luar pulau datang secara rombongan maupun keluarga, Senin ( 27/12/2021).

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Mundzir Ponpes Tebu Ireng,KH Lukman Hakim menjelaskan , memang setelah makam Gus Dur dibuka animo masyarakat untuk berziarah mebludak ingin berziarah.Banyak peziarah yang datang baik dari luar kota dan luar pulau untuk berziarah baik rombongan maupun keluarga, terangnya.

"Biasanya peziarah ramai di hari ,Jumat ,Sabtu dan Minggu. Peziarah yang datang ke makam kisaran sampai 5000 ribuan peziarah .Untuk menjelang akhir tahun ini, bisa saja peziarah meningkat karena bersamaan dengan liburan akhir tahun ," tambahnya.

KH Lukman Hakim menambahkan, para peziarah yang datang tetap di wajibkan mematuhi protokol kesehatan ,dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun dan patuhi protkes saat berziarah, tambahnya.

"Kami harapkan kepada peziarah ,karena ini masih pandemi covid 19 ,jadi kita tidak mau timbul klaster baru setelah berziarah .Jadi tetap patuhi protokol kesehatan selama berziarah ," pungkasnya.

Ditemui saat ziarah, rombongan muslimat dari Jepara Nuraaini , saat ini ada 50 peziarah dari rombongan muslimat Jepara yang ikut ziarah ke makam Gus Dur. Angenda ziarah ini, dilakukan rutin setiap tahun dan pasti tujuan salah satunya ke makam Gus Dur, terangnya.

Tujuan berziarah ke makam Gus Dur untuk mengecash energi positif, sekaligus memberikan semangat kepada para pengurus muslimat Jepara ,karena ini sudah menjadi agenda rutin muslimat pasti ziarah ke Gus Dur, tambahnya.

Bersamaan dengan liburan karena banyak pengurus guru dari muslimat Jepara kami agendakan akhir tahun ke makam Gus Dur, pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV