SUARA INDONESIA

Museum Airlangga Simpan Bukti Sejarah Panji, Budaya Kota Kediri

Tim - 24 January 2022 | 20:01
Sejarah Museum Airlangga Simpan Bukti Sejarah Panji, Budaya Kota Kediri
KEDIRI KOTA-Eksistensi cerita Panji dan Galuh sudah tidak asing lagi sebagai identitas budaya asli Kediri, Panji-Galuh patut untuk dipahami oleh masyarakat Kota Kediri. Beruntung, museum Airlangga menyimpan salah satu bukti sejarah cerita Panji yang terawat apik disalah satu sisi museum kebanggaan Kota Kediri.

Hal tersembut diungkapkan, Zachrie Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, menurutnya di museum Airlangga menyimpan salah satu bukti sejarah cerita Panji.

“Benar, di museum Airlangga ada salah satu relief yang ditemukan di Kediri. Saat ini bukti sejarah tersebut terawat dengan baik dan dapat dilihat serta dipelajari oleh seluruh masyarakat yang berkunjung ke museum,” ucapnya, Senin, (24/1/2022).

Ditanya, mengenai sejak kapan relief tersebut berada di museum Airlangga, pihaknya mengatakan bahwa sejak museum berdiri bukti sejarah tersebut sudah dipercayakan ke museum Airlangga.

“Awalnya relief tersebut dan beberapa peninggalan sejarah lain tersimpan di alun-alun Kota Kediri, kemudian kami pindahkan ke museum yang ada di area taman Tirtoyoso Kota Kediri. Seiring bertambahnya waktu, begitu juga dengan jumlah koleksinya, sehingga di tahun 1991 Museum Airlangga resmi berdiri dan semua koleksi kami pindahkan pula, termasuk relief panji tersebut,” terangnya.

Sebagai informasi, secara umum relief tersebut diyakini sebagai bagian dari sepenggal fragmen cerita panji Semirang. Dalam relief tersebut tergambarkan ada tujuh sosok tokoh. Diyakini sosok dengan hiasan kepala (tekes) adalah sosok panji dengan pengawalnya yang sedang berhadapan dengan sosok Panji Semirang yang diyakini sebagai penjelmaan dewi Sekartaji yang sedang mengembara kabur dari kerajaan. (Wahyudi)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya