SUARA INDONESIA

Pertama di Indonesia, Polres Trenggalek Luncurkan IKM dan Robot Pemindai Suhu Tubuh

- 31 October 2020 | 12:10 - Dibaca 1.21k kali
TNI/Polri Pertama di Indonesia, Polres Trenggalek Luncurkan IKM dan Robot Pemindai Suhu Tubuh
Inovasi IKM Polres Trenggalek

TRENGGALEK - Revolusi industri 4.0 menjadikan pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih mudah. Seperti yang digagas Kepolisian Resort Trenggalek, pihaknya terus mengembangkan inovasi dalam hal pelayanan. 

"Kita terus membuat inovasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mempermudah pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi terkini," kata Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, Sabtu (31/10/2020).

Jadi, lanjut AKBP Doni Sebelum inovasi IKM, Polres Trenggalek juga telah memiliki perangkat robot pemindai suhu tubuh sebagai tracing awal dalam mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Mapolres Trenggalek.

Kali ini, Polres Trenggalek kembali menghadirkan perangkat canggih yakni mesin antrian dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berbasis barcode.

"Penggunaan mesin antrian digital dan IKM barcode dalam pelayanan publik khususnya di lingkungan Kepolisian ini merupakan kali pertama yang ada di Jawa Timur bahkan mungkin di Indonesia," ungkapnya.

Dijelaskan AKBP Doni, mesin IKM tersebut untuk sementara ditempatkan di ruang pelayanan SPKT sebagai etalase Polres Trenggalek dan menurut rencana akan terus ditambah untuk masing-masing ruang pelayanan seperti Satpas SIM, SKCK, Reskrim dan ruang pelayanan lainnya.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Polres Trenggalek. Berbagai terobosan kreatif kami gelar guna mempermudah dan mempercepat pelayanan masyarakat," terang AKBP Doni.

AKBP Doni mengatakan, dengan keberadaan mesin IKM barcode ini dapat meminimalisir kecurangan maupun manipulasi data kepuasan masyarakat. 

Ketika barcode sudah digunakan tidak bisa dipakai lagi, sehingga data penilaian masyarakat atas kinerja pelayanan benar-benar valid.

Sehingga setiap masyarakat yang datang ke Mapolres dan membutuhkan pelayanan Kepolisian akan mendapat nomor antrian dan barcode khusus. 

Setelah layanan selesai, masyarakat dapat memberikan penilaian secara objektif atas pelayanan yang diberikan dengan menempelkan barcode pada mesin IKM. 

Dengan begitu, hanya masyarakat yang benar-benar menerima layanan saja yang bisa mengisi IKM tersebut.

Pihaknya berharap, dengan keberadaan sarana dan prasarana penunjang yang dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut dapat meningkatkan mutu pelayanan publik di lingkungan Polres Trenggalek serta menambah kepercayaan masyarakat sebagaimana motto `Mantap` yakni Melayani, Terpercaya dan Profesional.

“Semoga dengan inovasi ini dapat semakin meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan Prima serta mendukung Polres Trenggalek menuju predikat WBBM," tegasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV