SUARA INDONESIA

Dimulai, OPS Lilin Semeru 2020 Polres Trenggalek Fokus Penanganan Covid-19

Rudi Yuni - 21 December 2020 | 15:12 - Dibaca 1.04k kali
TNI/Polri Dimulai, OPS Lilin Semeru 2020 Polres Trenggalek Fokus Penanganan Covid-19
Situasi apel Operasi Lilin Semuru 202

TRENGGALEK - Operasi Lilin Semeru 2020 dimulai, pelaksanaan dilakukan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021.

Sebanyak 86 personil inti diterjunkan dalam operasi lilin kali ini. Karena di perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 ada prediksi peningkatan aktifitas masyarakat.

Dikhawatirkan berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menjelaskan, operasi lilin ini dalam rangka antisipasi peningkatan aktifitas masyarakat.

Karena diprediksi adanya potensi gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

"OPS lilin digelar selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021," kata AKBP Doni, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, dalam operasi lilin dikedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. 

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

"Ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa," tegasnya.

Sehingga menjadi cenderung under estimatee dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. 

Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Lanjut AKBP Doni, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi. 

Antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras dan aksi perusakan fasilitas umum.

Selain itu, perlu dilakukan pencegahan terhadap aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung.

Balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Disamping itu, penegakan hukum secara profesional dan proporsional, memantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditasserta menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak," tegasnya.

Menurut AKBP Doni, dalam operasi Lilin Semeru 2020 ini Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya 86 personel inti yang terbagi menjadi beberapa Satgas. 

Yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamtibselcarlantas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops. Ditambah personel cadangan dan didukung instansi terkait yang akan turut membantu dalam pelaksanaannya. 

"Kami juga mendirikan tiga pos pengamanan yakni Pos Agropark, Durenan dan Watulimo serta pos imbangan yang berada di masing-masing kecamatan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV