SUARA INDONESIA

Polda Kalsel Imbau Masyarakat Tidak Melakukan Takbir Keliling

Aris Danu - 08 May 2021 | 09:05 - Dibaca 637 kali
TNI/Polri Polda Kalsel Imbau Masyarakat Tidak Melakukan Takbir Keliling
Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i

KALSEL - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Irjen Pol Rikwanto melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling.

"Takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian dan memicu kerumunan, namun kegiatan takbiran dapat disiarkan secara virtual dari Masjid dan Mushola atau di rumah masing-masing agar tidak menimbulkan kerumunan di tengah Pandemi Covid-19," katanya.

"Untuk warga masih diizinkan untuk takbiran di Masjid atau Mushola dengan sejumlah ketentuan. Di antaranya membatasi jumlah Jemaah dari kapasitas Masjid dan Mushola dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, atau bahkan takbiran di rumah saja. Tidak takbir keliling di jalan," lanjut Kabid Humas.

Apabila ada masyarakat yang membandel dan nekat menggelar kegiatan malam takbiran ditengah larangan lanjutannya, akan ditindak tegas dengan dilakukan Tes Swab Antigen, dan bila terbukti positif akan langsung di karantina.

"Selain melakukan Tes Swab Antigen akan dilakukan tindakan lain yaitu melakukan penegakan hukum berupa tilang dan melakukan penyitaan terhadap kendaraan yang digunakan Takbir Keliling. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kalimantan Selatan," ujarnya.

Perlu diketahui saat ini Polda Kalsel sedang menggelar Operasi Ketupat Intan 2021 yang diberlakukan sejak 6-17 Mei.

Operasi tersebut bertujuan menjaga dan mengamankan pelaksanaan Idul Fitri 1442 H / 2021 M agar berlangsung kondusif dan tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Setidaknya ada 1.500 personel gabungan baik Polri, TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dikerahkan dalam operasi tersebut di wilayah Kalimantan Selatan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya