SUARA INDONESIA

Jaga Kondusifitas PSU, Polda Kalsel Terjunkan Ratusan Personil

Aris Danu - 03 June 2021 | 18:06 - Dibaca 1.18k kali
TNI/Polri Jaga Kondusifitas PSU, Polda Kalsel Terjunkan Ratusan Personil
Apel Kesiapan Pengamanan PSU, bertempat di Lapangan Mapolda Kalsel, Kamis (3/6/2021).

KALSEL - Dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2021, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Apel Kesiapan Pengamanan PSU, bertempat di Lapangan Mapolda Kalsel, Kamis (3/6/2021).

Apel tersebut dipimpin oleh Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan.

"Guna menjamin stabilitas Kamtibmas selama proses PSU, maka Polri siap mengamankan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen maupun penegakkan hukum, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kontijensi," Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto melalui Karo Ops Polda Kalsel Kombes Moch. Noor Subchan.

Karo Ops menyampaikan bahwa Apel yang dilaksanakan ini untuk mengecek kesiapan personel yang akan melaksanakan pengamanan PSU pada 9 Juni 2021 sesuai dengan jadwal dari KPUD setempat.

Dalam kegiatan ini para Pejabat Utama Polda Kalsel menekankan kepada setiap personel Polri untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya yaitu, menyiapkan mental dan fisik, memetakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini, tingkatkan hubungan yang baik dengan KPUD, Bawaslu serta unsur lainnya, tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman yang memanfaatkan pelaksanaan PSU.

Kemudian lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan pengamanan PSU dan tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan karena mengingat situasi masih dalam pandemi Covid-19.

"Kepada seluruh personel Polri, saya menekankan dan mengingatkan untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pengamanan PSU," tandas Karo Ops.

Dia juga mengajak, seluruh personel agar menjadikan Apel ini untuk membangun kerja sama Polri bersama unsur stakeholder terkait dalam menyukseskan PSU yang jujur, adil, bebas dan rahasia guna memilih pemimpin yang terbaik dan tidak KKN.

Untuk mengamankan pelaksanaan PSU Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2021 yang akan berlangsung di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, Kecamatan Sambungmakmur, Kecamatan Alu, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, serta Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 2.281 personel.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya