SUARA INDONESIA

Kodim 0909/Kutai Timur Gelar Latbakjatri Ini Tujuannya

Eki Adi Nugroho - 24 June 2021 | 03:06
TNI/Polri Kodim 0909/Kutai Timur Gelar Latbakjatri Ini Tujuannya

KUTAI TIMUR - Guna memelihara sekaligus meningkatkan kemampuan menembak Prajurit, Kodim 0909/Kutai Timur menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan II Tahun 2021 di Lapangan Tembak Usman Harun Lanal Sangatta.

Kegiatan latihan menembak tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan materi menembak pengelompokan/koreksi dan dilanjutkan dengan tembak tepat/penilaian dengan jarak 100 meter, untuk menembak Senjata laras panjang.

Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut Dandim 0909/Kutim, Letkol CZI Pabate, menyampaikan bahwa kegiatan latihan menembak ini adalah merupakan pembinaan kemampuan yang harus dimiliki dan terus diasah oleh para Prajurit Kodim 0909/Kutai Timur.

“Meskipun telah berdinas di Komando ke wilayahan, kemampuan menembak yang merupakan suatu kemampuan dasar harus tetap dimiliki dan melekat pada diri para Prajurit karena sifatnya yang mendasar sehingga kemampuan menembak wajib dibina dengan berlatih untuk menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks,” ujar Dandim, Rabu (23/06/2021).

Lebih lanjut Dandim, juga menyebutkan bahwa latihan menembak dengan sistem yang terprogram dan terencana serta dilaksanakan pada setiap triwulan ini diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak setiap personel. 

“Dalam melaksanakan latihan, personel juga diminta mengutamakan faktor keamanan dan mengikuti setiap petunjuk dari pelatih,” imbuhnya.

Menambahkan, Pasi Ops Kodim 0909/Kutim, Lettu Kav Roni Aprianto, selaku koordinator penyelenggara Latbakjatri ini menyampaikan bahwa kegiatan tersebut rutin dilaksanakan pada setiap tiga bulan sekali dengan tujuan untuk mengasah, memelihara dan meningkatkan kemampuan Prajurit dalam bidang menembak.

“Dengan dilaksanakannya latihan menembak ini, kita harapkan hasil penilaiannya dapat semaksimal mungkin dan semua nilainya harus masuk dalam kategori tingkat mampu, dan apabila ada prajurit yang nilainya tidak memenuhi standar nilai lulus sesuai dengan yang ditentukan, maka akan diulang lagi latihan menembaknya sampai prajurit tersebut mencapai standar nilai lulus sesuai dengan nilai yang telah ditargetkan,” jelas Lettu Kav Roni Aprianto.(*/Adv)

Pewarta : Eki Adi Nugroho
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya