SUARA INDONESIA

TNI di Lamongan Gelar Karya Bakti

M Nur Ali Zulfikar - 30 June 2021 | 15:06
TNI/Polri TNI di Lamongan Gelar Karya Bakti

LAMONGAN - Prajurit TNI AD di Kabupaten Lamongan gelar karya bakti bangun desa dan vaksinasi massal di Desa Balun, Kecamatan Turi, Rabu (30/6/2021).

Selain fokus pada pembangunan infrastruktur jalan dan rumah tidak layak huni (Rutilahu). Penananganan Covid-19 juga jadi fokus utama di daerah yang dikenal Desa dengan beragam agama atau Desa Pancasila tersebut.

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf. Sidik Wiyono mengatakan, karya bakti merupakan program dari TNI, bersama pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan pemerataan pembangunan di wilayahnya.

"Sasaran utamanya adalah rabat beton jalan sepanjang 564 meter, dengan lebar 4 meter. Ketebalannya 20 centimeter. Ini juga pelebaran jalan, dari 3 meter menjadi 4 meter," kata Alumnus Akademi Militer 2001 ini.

Sidik menjelaskan, kegiatan tersebut, juga untuk mendukung program Bupati Lamongan yaitu JAMULA (jalan mantap dan mulus Lamongan).

"Ada rutilahu sebanyak 200 yang dilaksanakan di 27 kecamatan di Kabupaten Lamongan dan rehab makam Mbah Alun di Desa Balun," jelasnya

"Kami juga laksanakan program vaksinasi, dengan sasaran 1000 masyarakat, juga donor darah, dengan target 200 kantong. Paling penting ada peragaan PPKM Mikro, pelayanan KB, pelayanan dari Disdukcapil, serta pemberian bantuan sosial," tambahnya

Dalam sambutannya, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, mengaku, sangat berterimakasih atas bantuan dan support yang diberikan oleh Kodim 0812 Lamongan dan Korem 082/CPYJ Mojokerto.

"Kami yakin dengan pelaksanaan karya bakti ini, akan mampu mempercepat dalam upaya mewujudkan program-program yang terus kita kembangkan, terutama Jamula," terang pria yang akrab disapa pak Yes ini.

Sementara itu, Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf, Muhammad Dariyanto, mengungkapkan, program karya bakti adalah implementasi dari undang-undang nomor 34 Tahun 2014 tentang TNI.

"Di situ ditegaskan, bahwa tugas pokok TNI adalah meningkatkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan NKRI serta melindungi segenap bangsa yang dilakukan melalui operasi militer perang dan operasi militer selain perang," ungkapnya

Tidak hanya itu, Danrem juga mengajak masyarakat untuk memelihara dengan baik apa yang sudah dibangun tersebut, agar terus dapat bermanfaat. Karena, hakikatnya membangun itu mudah, tetapi yang sulit adalah memeliharanya.

"Jadi selain operasi militer dalam perang, TNI juga mempunyai tugas operasi militer membantu tugas pemerintah daerah, melalui program karya bakti untuk masyarakat," pungkasnya

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya