SUARA INDONESIA

Sambut HUT ke-76 RI, Lanal Sangatta Merah Putihkan Pulau Miang

Eki Adi Nugroho - 01 August 2021 | 13:08
TNI/Polri Sambut HUT ke-76 RI, Lanal Sangatta Merah Putihkan Pulau Miang

KUTAI TIMUR - Puluhan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul berwarna senada terpasang berderet di seluruh wilayah Pulau Miang untuk menyambut HUT ke-76 RI.

Pemasangan yang dilaksanakan secara bergotong-royong dengan masyarakat setempat tersebut dipimpin langsung oleh Danposal Sangkulirang, Letda Laut (P) Wahyu Sutiono.

Dikonfirmasi terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh personelnya tersebut, Komandan Lanal Sangatta, Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, menyampaikan bahwa dalam rangka Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-76 ini, Lanal Sangatta melalui Pos TNI AL (Posal) secara serentak memerahputihkan wilayah teritorial Lanal Sangatta hingga pulau terluar.

"Kami akan merah-putihkan seluruh wilayah teritorial Lanal Sangatta untuk menyebarkan semangat nasionalisme serta memeriahkan peringatan HUT ke-76 NKRI. Pulau Miang kami jadikan salah satu ikon kali ini mengingat Pulau Miang itu sendiri rencananya akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL. Dengan hal ini, Pulau Miang akan lebih semarak dan mempunyai tambahan daya tarik sehingga kedepannya tak hanya masyarakat Kutim, wisatawan domestik dan manca negara juga akan semakin penasaran dan tertarik untuk mengunjungi Pulau ini," jelas Danlanal saat dikonfirmasi melalui ponsel pribadinya, Minggu (1/8/2021).

Dikonfirmasi sebelumnya, Danposal Sangkulirang, Letda Laut (P) Wahyu Sutiono, menyampaikan bahwa dalam kegiatan yang dilaksanakan semenjak pagi hari tersebut, Lanal Sangatta juga menyerahkan puluhan Bendera Merah Putih serta umbul-umbul secara langsung kepada Kepala Desa setempat.

Melalui kegiatan tersebut, lanjutnya, diharapkan selain nasionalisme warga maritim yang terus meningkat, sinergitas antara warga dan TNI AL juga diharapkan semakin erat untuk membangun calon Kampung Bahari Nusantara tersebut kearah yang lebih baik dan mempunyai ciri khas yang menarik selain eksotisme pemandangan bawah laut serta kekayaan hasil lautnya.

"Sesuai instruksi Danlanal, kami selain menyerahkan bantuan bendera dan umbul-umbul juga melaksanakan langsung pemasangan secara serentak di seluruh wilayah Pulau Miang. Selain memeriahkan moment peringatan HUT 76 NKRI, Lanal Sangatta juga berupaya tetap melestarikan budaya gotong-royong, kebersamaan dalam masyarakat dibarengi dengan peningkatan nasionalisme warga. Efek samping dari kegiatan ini adalah makin meningkatnya rasa cinta terhadap tanah air, selain itu juga diharapkan dapat mendongkrak minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Miang yang mempunyai destinasi wisata bahari yang menarik," paparnya.(*/Adv).

Pewarta : Eki Adi Nugroho
Editor : Deni Ahmad Wijaya

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV