SUARA INDONESIA

Pangkalan TNI-AL Sangatta Laksanakan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah

Eki Adi Nugroho - 12 August 2021 | 12:08
TNI/Polri Pangkalan TNI-AL Sangatta Laksanakan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah

KUTAI TIMUR - Lanal Sangatta menggelar kegiatan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah di Makolanal Sangatta, Kamis, (12/8/2021).

Ditemui di sela kegiatan, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Giat dilaksanakan serentak oleh seluruh Lanal di Indonesia sebagai sebuah inisiatif yang digerakan oleh rasa kemanusiaan guna membantu masyarakat yang tengah berjuang untuk sembuh dari Covid-19.

Selain itu, Danlanal juga menyampaikan, saat ini untuk Donor Plasma Konvalensi masih belum dapat dilaksanakan karena keterbatasan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan tersebut.

Namun Lanal Sangatta tetap melaksanakan Donor Darah Reguler sesuai instruksi yang diterima. 

"Plasma konvalesen merupakan plasma darah penyintas Covid-19 yang mengandung antibodi dan dapat digunakan sebagai terapi mempercepat penyembuhan pasien Covid-19," terangnya.

Di Kutai Timur, katanya, hal tersebut masih belum dapat dilaksanakan namun pihaknya tetap melaksanakan donor darah sesuai instruksi yang diberikan untuk memberikan teladan bagi masyarakat.

"Kami sediakan 150 kantung darah, namun bila stock tersebut masih kurang kami akan tetap melayani dengan berkoordinasi dengan PMI Kutim yang saat ini juga membantu berlangsungnya kegiatan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi menyampaikan bahwa di tengah terus merebaknya Covid-19 di Kutim, Lanal Sangatta juga terus bergerak membantu pemerintah daerah terus melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat dengan menggelar program Serbuan Vaksinasi.

"Kami juga mendorong optimalisasi penyekatan dalam rangka PPKM level 4 yang beberapa waktu lalu diberlakukan di Kutim," ucapnya.

Tak cukup sampai di situ, berbagai giat kepedulian sosial yang dikemas bersama dengan Jalasenastri, Lanal Sangatta juga memberikan berbagai bantuan kepada yayasan yatim piatu dan juga masyarakat yang terdampak langsung Covid-19. 

Danlanal juga mengimbau agar masyarakat terus mendukung upaya pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara masif guna mempercepat penurunan angka penyebaran Covid-19 di Kutim. 

"Kemarin bersama dengan TNI AD dan Polri kami juga bahu membahu menyediakan fasilitas isolasi terpadu untuk warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman), sebagai antisipasi munculnya klaster isoman yang mana dari beberapa kali operasi yustisi yang kami lakukan masih kami ketemukan warga yang harusnya melaksanakan isoman malah beraktifitas di luar rumah," bebernya.

"Kami berharap masyarakat juga terus meningkatkan kesadaran untuk mematuhi semua instruksi pemerintah dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," sambungnya. 

Untuk diketahui, dalam kegiatan yang dimulai pukul 08:00 WITA tersebut, selain diikuti oleh prajurit Lanal Sangatta juga diikuti oleh berbagai instansi terkait seperti Polres Kutim, Kodim 0909/Kutai Timur, Satpol PP, masyarakat umum dan beberapa organisasi kepemudaan yang berada di wilayah Kutim. (adv)

Pewarta : Eki Adi Nugroho
Editor : Deni Ahmad Wijaya

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV