SUARA INDONESIA

Gandeng TNI AL, Jember Akan Optimalkan Hasil Laut

Wilda Natasya - 08 September 2021 | 19:09
TNI/Polri Gandeng TNI AL, Jember Akan Optimalkan Hasil Laut

JEMBER- Pemerintah Kabupaten Jember kali ini menggandeng Komandan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (Danlantamal v) Surabaya, sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi hasil laut yang ada di Kabupaten Jember, khususnya di pesisir pantai selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, saat menyambut kedatangan Danlantamal V Surabaya di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu (8/9/2021).

“Untuk pesisir pantai selatan nanti kita akan dibantu oleh beliau, pemanfaat hasil lautnya akan dioptimalkan untuk kemaslahatan masyarakat kita,” ungkap Hendy.

Bupati menyampaikan bantuan yang akan diberikan nantinya berupa, pelatihan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan hasil laut. Selain itu, personel TNI AL juga turut memberikan pengarahan terkait antisipasi bencana.

“Tentunya kami juga ada bapak Yos, kami minta bantuan pengarahan sebagai antisipasi  jika nantinya terjadi bencana,” lanjutnya.

Sementara itu, Komandan Lantamal V Laksamana TNI Yoos Suryono Hadi menjelaskan, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan sejumlah industri baik dalam maupun luar negeri untuk memasarkan hasil laut yang ada di jember.

“Pengoptimalan hasil laut bekerjasama dengan perindustrian jadi hasil laut ini tidak seperti darat, kita harus ada membangun foolstoreet, bekerjasama dengan luar negeri, daerah mana saja yang mau menerima hasil laut disini,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan ikan tuna sebagai salah satu hasil laut yang dapat diekspor ke luar negeri, terutama Jepang dan Korea. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

“Contoh ikan tuna, di jepang korea itu sgt bagus. Tentu akan meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Dan jgn lupa 2/3 negara kita itu lautan,” pungkasnya.

Diketahui Danlantamal V Surabaya melakukan kunjungan ke Kabupaten Jember dalam rangka pelaksanaan vaksinasi massal kepada santri di Pondok Pesantren Al-Qodiri. Dengan target mencapai 1300 orang setiap harinya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV