SUARA INDONESIA

HUT ke-76 TNI, Pangdivif 2 Kostrad Tekankan Modernisasi Alutsista

Swandy Tambunan - 05 October 2021 | 14:10
TNI/Polri HUT ke-76 TNI, Pangdivif 2 Kostrad Tekankan Modernisasi Alutsista

MALANG - Hari ini, 5 Oktober 2021, Tentara Negara Indonesia (TNI) genap berusia 76 tahun. Di hari ulang tahunnya ini, TNI memamerkan beberapa kecanggihan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).

Divisi Infanteri 2 Kostrad, Singosari, Kabupaten Malang juga tak kalah dalam memamerkan Alutsistanya yang telah di modernisasi.

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jendral TNI Andi Muhammad mengatakan, di HUT yang ke-76 tahun 2021 ini, TNI lebih fokus dalam meningkatkan industri pertahanan.

"Jadi kita sudah dengarkan sambutan dari Bapak Presiden Jokowi, bahwa kedepan investasi Alutsista harus ditingkatkan, bukan lagi belanja Alutsista, tapi investasi Alutsista, tentunya dengan meningkatkan industri-industri pertahanan," bebernya usai Upacara HUT TNI ke-76 di Lapangan Sapta Marga Madivif 2 Kostrad, Singosari, Kabupaten Malang, Selasa (05/10/2021).

Mayjen TNI Andi Muhammad mengatakan, satuan di Divisi Infanteri 2 Kostrad sudah memiliki beberapa Alutsista canggih. Modernisasi Alutsista menurutnya adalah hal yang utama dalam pertempuran. Artinya tidak boleh ketinggalan.

"Nah kita sekarang ini, TNI sedang memodernisasi seluruh Alutsista yang boleh dikatakan tercanggih, saat ini yang kita punya khususnya jajajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad, khususnya Kostrad di Divisi 1, Divisi 2 dan Divisi 3 sudah punya Alutsista yang begitu canggih," katanya.

Ia menyebutkan, satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad, seperti Batalyon Infanteri (Yonif), Alteleri Medan (Armed), Alteleri Pertahanan Udara (Arhanud) dan Kavaleri mempunyai Alutsista masing-masing.

"Alutsista di Kostrad ini banyak, di Kavaleri sendiri kita mempunyai Tank Leopard, boleh dikatakan yang terbaru kita miliki, kemudian di Arhanud juga termasuk di Armed kita punya Astros punya Caesar 155 mm, kemudian sebentar lagi mungkin kita modernasi dengan 105. Kemudian satuan Infanteri juga lagi melakukan modernisasi baik senjata perorangan maupun kelompok," bebernya.

"Ini juga sementara kita uji coba terus bahkan ada Tank Arisgator M-113, itu ada mekanis ada ridernya, itu menggunakan kendaraan lapis baja dalam setiap bergerak di medan pertempuran baik di pertempuran kota, kampung ataupun desa," tambah Mayjen TNI Andi Muhammad.

Ia menegaskan, pada momen HUT tahun ini sesuai dengan tema "Bersatu, Berjuang, Kami Pasti Menang", TNI selalu bersama dengan rakyat namun modernisasi Alutsista juga tetap di tingkatkan.

"Walaupun bagaimana kita tidak boleh ketinggalan tentang industri pertahanan kita kedepan. Jadi kita harus memacu diri, makanya perwira kita banyak kita sekolahkan keluar negeri termasuk adek-adek kita yang mempunyai kemampuan teknologi yang baik disekolahkan dalam rangka TOT (Transfer of Technologi)," pungkasnya.

Pewarta : Swandy Tambunan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV