SUARA INDONESIA

Cuaca Ekstrim, TNI-AL Kotabaru Imbau Masyarakat Di Wilayah Pesisir Pantai.

Imam Hairon - 07 December 2021 | 19:12
TNI/Polri Cuaca Ekstrim, TNI-AL Kotabaru Imbau Masyarakat Di Wilayah Pesisir Pantai.

KOTABARU- Cuaca ekstrim disertai angin kencang dan air laut pasang di musim penghujan seperti sekarang ini dan alam tentu masyarakat harus memiliki kewaspadaan tinggi akan potensi bahaya yang mengancam seperti sekarang ini.

Untuk itu, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Kabupaten Kotabaru melakuan himbauan kepada masyarakat di wilayahnya yang berada di pesisir, terkait fenomena alam seperti sekarang ini.

Danlanal Kotabaru Letkol (P) Sadarianto mengatakan, terkait musim penghujan seperti sekarang ini yang beradampak menyebabkan terjadinya angin kecang, air laut pasang, maka kita melakukan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada.

Menurutnya, kewaspadaan itu selalu diberi tahukan kepada masyarakat, khususnya di wilayah rawan akan terjadinya banjir oleh tingginya air laut serta memberikan tahukan agar masyarakat selalu tingkatkan kewaspadaan adanya konsleting listrik yang bisa menimbulkan resiko terjadi kebakaran.

Dia juga memaparkan, terkait pelaksanaan upaya gotong royong dengan masyarakat dalam melaksanakan bersih-bersih di desa yang terdampak pasang air laut l, dan tetap mengantisipasi adanya kiriman air dari hulu akibat curah hujan tinggi,jelasnya.

TNI-AL Kotabaru lanjut Sadarianto, bersiap siaga jika level air laut semakin tinggi dalam membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk siap mengevakuasi masyarakat yang terdampak dan kemarin pihaknya sudah gelar pasukan untuk mengantisipasi bencana-bencana yang akan timbul karena faktor alam dan lain-lain.

Lebih lanjut, kemudian juga jajaran Pos AL dibawah Lanal Kotabaru sudah perintahkan dirinya untuk turun dilapangan sebagai tindakan awal dalam penanggulangan seperti halnya yang pihaknya lakukan di pos tanjung pelayar Kotabaru, dan selanjutnya akan kami koordinasikan ke FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) sebagai implementasi sinergitas aparatur Negara dan Pimpinan Pemda,"ungkapnya

"Jadi yang utama, yaitu pihaknya Lanal Kotabaru akan merespon cepat setiap apa yang terjadi. Terutama terkait bencana alam mengingat cuaca yang tidak dapat kita prediksi dan kita juga meminta masyarakat agar bisa menghubungi telpon Hotline lanal 0811-8720-562,"pungkasnya.

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV