SUARA INDONESIA

Polres Tuban Cek Kesiapan Gereja di Tuban Jelang Natal 2021

Irqam - 20 December 2021 | 19:12
TNI/Polri Polres Tuban Cek Kesiapan Gereja di Tuban Jelang Natal 2021

TUBAN - Polres Tuban melakukan pengecekan kesiapan sejumlah gereja di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (20/12/2021) sore.

Kapolres Tuban AKBP Darman didampingi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dan DPRD Tuban Miyadi mengecek keamanan dan penerapan protokol kesehatan di gereja.

Pengecekan keamanan gereja diawali di Gereja Santo Petrus dan Gereja Kristen Indonesia. Kemudian dilanjutkan mengecek di Gereja Kristen Jawa.

"Kita mengecek kesiapan gereja jelang perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Kapolres Tuban AKBP Darman di Gereja Santo Petrus Tuban, Senin (20/12/2021).

Darman menjelaskan, dari hasil pengecekan gereja telah melaksanakan protokol kesehatan (prokes) ketat dan dilengkapi dengan aplikasi PeduliLindungi. 

Selain itu, pihak Polres Tuban juga menawarkan membuat posko vaksin untuk jemaat yang belum melakukan vaksinasi.

"Nanti gereja yang paling besar ini (Gereja Santo Petrus, Red) kita siapkan seekdoor, jadi satu pintu masuk pada kegiatan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu untuk gereja-gereja lain di Tuban,” ungkapnya.

Disamping pengamanan tempat ibadah, lanjut Darman, dilakukan pengamanan di tempat-tempat yang menjadi pusat mobilitas masyarakat dan akses masuk wilayah Tuban.

Di tempat pengamanan juga telah siapkan posko terpadu Covid-19 yang diisi oleh Dinas Kesehatan, TNI-Polri.

"Nanti sesuai Inmendagri akan kita lakukan pengecekan secara sampling di pos perbatasan,” imbuhnya.

Sementara itu, Romo Kepala Paroki Gereja Santo Petrus Tuban Agustinus Kurnia Wijanto menjelaskan, bagi umat yang akan datang melaksanakan ibadah harus mendaftar terlebih dahulu sesuai kapasitas gereja yang tersedia.

Diketahui Gereja Santo Petrus Tuban sendiri memiliki kapasitas 400 umat, namun dengan kondisi pandemi Covid-19 hanya akan diisi dengan 150 umat.

"Para jemaat nanti di cek suhu, harus pakai masker, dan jaga jarak. Jika umat sakit bisa melakukan ibadah secara daring," tegasnya.

Pewarta : Irqam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV