SUARA INDONESIA

Cafe Sawah Ambrek, Destinasi Wisata Baru Kreativitas Warga Desa Pulungdowo Malang

Imam Hairon - 22 September 2020 | 14:09 - Dibaca 6.20k kali
Wisata Cafe Sawah Ambrek, Destinasi Wisata Baru Kreativitas Warga Desa Pulungdowo Malang
Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Malang, Cafe Sawah Ambrek. (instagram)

KABUPATEN MALANG - Bupati Malang meresmikan Wisata Cafe Sawah Ambrek di Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Selasa (22/09/2020).

Dengan diresmikannya Cafe Sawah Ambrek itu menambah jumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang.

Bupati Malang Sanusi berharap dengan bertambahnya destinasi wisata itu dapat di ikuti dengan perkembangan ekonomi masyarakat.

"Bidang pariwisata adalah salah satu kekuatan utama yang dimiliki Kabupaten Malang yang dapat menjadi faktor pengungkit terbesar dalam jalannya pembangunan," pungkas Bupati Malang Sanusi.

Berbagai potensi yang ada termasuk keragaman kekayaan budaya, seni, keindahan alam dan berbagai potensi lainnya juga terus didorong perkembangannya oleh Pemkab Malang.

Sanusi mengatakan, meski di tengah situasi pandemi Covid-19, bukan hambatan untuk membuat inovasi yang dapat mengembangkan ekonomi masyarakat.

Dalam hal ini, Sanusi sangat mengapresiasi kreativitas masyarakat Desa Pulungdowo dalam menggali potensi desa menjadi sumber pendapatan.

Ia juga menawarkan ide kepada masyarakat Desa Pulungdowo untuk mengembangkan peternakan Ikan Nila dengan dibina dan didukung Pemkab Malang.

"Khusus untuk uji coba peternakan Ikan Nila dirinci sehektar 1,2 M per tahun, dengan setahun dua kali panen. Hasil perikanan Nila itu 20 ribu per kg di pasar dan kalau ekspor bisa tembus 50 ribu per kg," pungkas Sanusi.

Sanusi juga mengingatkan pula bahwa pembangunan bidang pariwisata, tidak dapat hanya bergantung pada pemerintah daerah saja. Jika ingin pembangunan tersebut berjalan dengan cepat dan baik, maka harus didukung partisipasi dari berbagai pihak, baik itu masyarakat maupun pihak swasta.

 ''Pembangunan wisata dan rest area ini diharapkan keberadaannya tidak sekedar sebagai tempat peristirahatan atau tempat singgah untuk 10 sampai 15 menit bagi pelintas atau pengendara, namun bisa dibangun agar dapat menarik pengunjung untuk juga berlama-lama sambil menikmati makanan khas desa," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Sanusi, akan memberikan pengunjung suatu pengalaman unik dengan ciri khas lokal selama beristirahat.

Sementara disisi lain masyarakat lokal mendapatkan keuntungan komersial melalui penjualan produk.

"Hal ini akan menjadi salah satu sentral promosi dan pemasaran bagi produk unggulan desa dan berfungsi sebagai pusat informasi mengenai objek wisata khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Tumpang," ujarnya.

Selain meresmikan Wisata Cafe Sawah Ambrek, Bupati Malang Sanusi juga melakukan peletakan batu pertama Rest Area Desa Pulungdowo.

Kemudian, Bupati juga menyerahkan simbolis program Bedah Rumah dan Rombong Bakso kepada kaum Dhuafa se-Kecamatan Poncokusumo.

Tak hanya itu, Bupati Malang Sanusi yang didampingi sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Malang juga berkesempatan meresmikan Pondok Sosial Desa Pulungdowo dan bertatap muka tokoh masyarakat Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Wisata

View All
EDISI, 19 JANUARI 2024
19 January 2024 - 06:01
EDISI, 19 JANUARI 2024
EDISI, 26 DESEMBER 2023
26 December 2023 - 20:12
EDISI, 26 DESEMBER 2023
EDISI, 21 DESEMBER 2023
21 December 2023 - 06:12
EDISI, 21 DESEMBER 2023
EDISI, 20 DESEMBER 2023
20 December 2023 - 06:12
EDISI, 20 DESEMBER 2023