SUARA INDONESIA

Hiu Tutul Muncul Lagi, Jadi Kejutan Wisatawan Snorkeling Gili Ketapang

Lutfi Hidayat - 17 February 2021 | 19:02
Wisata Hiu Tutul Muncul Lagi, Jadi Kejutan Wisatawan Snorkeling Gili Ketapang

PROBOLINGGO - Kawanan hiu tutul kembali muncul di perairan laut utara Kota Probolinggo, Jawa Timur sejak sepekan terakhir.

Mamalia laut berukuran jumbo itu terpantau berenang di lepas pantai sekitar 3 mil laut dari Pelabuhan Tanjung Tembaga atau berada dekat dengan pulau Gili Ketapang yang menjadi surga wisata Snorkeling.

Seorang operator Snorkeling Gili Ketapang, Abdul Muiz mengatakan saat musim hujan setiap tahun kawanan hiu tutul itu muncul di laut utara Probolinggo.

Namun kali ini tempat berenang mamalia bernama latin Rhincodon Typus atau Whale Shark itu cukup dekat dengan area wisata Snorkeling, sehingga wisatawan dapat menjumpainya saat menyeberang dari pelabuhan menuju kawasan wisata bahari itu.

"Dekat Pelabuhan Tanjung Tembaga Mas, jadi kalau wisatawan Snorkeling lewat bisa lihat hiu tutul," ujar Muiz, Rabu (17/02/2021).

Adapun jumlah hiu tutul tersebut, lanjut Muiz sekitar 3-4 ekor dengan ukuran 3 sampai 4 meter.

"Kadang kalau perahu penumpang wisata Snorkeling lewat, hiunya berenang di bawah perahu. kalau cuaca tenang kita pelankan perahunya agar tak mengganggu hiu tutul, sekaligus memanjakan wisatawan kami," imbuhnya.

Wisatawan antusias melihat langsung kawanan hiu tutul itu dari dekat, bahkan kawanan hiu tutul yang berenang dekat dengan perahu menjadi objek foto wisatawan.

"Mereka antusias lihat hiu tutul mas, kami harus ekstra hati-hati menjaga keamanan mereka saat menyeberang di laut. Hiu tutul mereka foto dan di video," kata Muiz.

Seorang wisatawan, Diah Ayu yang berkesempatan melihat kawanan hiu tutul, mengatakan cukup terkesan dengan kehadiran mamalia laut tropis itu.

"Maunya kan Snorkeling, lah malah ada kejutan bisa lihat hiu tutul. Jumlahnya lumayan banyak lagi," ungkapnya.

Meski saat ini sering muncul kawanan hiu tutul, namun tidak semua wartawan beruntung menyaksikannya berenang.

Sebab, hiu tutul hanya berenang ke permukaan saat suhu air laut sedang hangat. Hiu tutul naik ke permukaan untuk mencari makan berupa plankton dan krill atau udang kecil.

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya