SUARA INDONESIA

Exsplore Keindahan Bukit Menoreh dari Rumah Pohon Secangklik Purworejo

Agus Sulistya - 28 March 2021 | 11:03
Wisata Exsplore Keindahan Bukit Menoreh dari Rumah Pohon Secangklik Purworejo

PURWOREJO - Perbukitan Menoreh ternyata mempunyai kecantikan alam yang luar biasa, salah satunya adalah Bukit Secangklik yang tepatnya berada di Dusun Ngaglik, RT.03 RW.02 Desa Semagung, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pada awalnya Bukit Secangklik merupakan hutan jati yang kurang terawat namun setelah lahan tersebut dibeli oleh Irawan (39) seoarang pemuda asal Sambon, Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo dan mengubah kawasan Bukit Secangklik menjadi Rumah Pohon yang eksotik bagi para pecinta alam.

Untuk perjalanan ke lokasi sendiri bisa di jangkau dengan naik sepeda motor atau tracking berjalan kaki. Di atas Bukit Secangklik juga di suguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa untuk melihat keindahan Purworejo dan Perbukitan Menoreh bahkan kalau pagi hari bisa melihat Pegunungan Dieng, Wonosobo dari Bukit Secangklik.

Irawan penggagas Rumah Pohon di Bukit Secangklik mengatakan, awalnya dirinya merasa prihatin dengan keadaan Desa Semagung yang kering disaat musim kemarau, dirinya sebagai seorang pecinta alam merasa tergerak hatinya untuk melakukan penghijauan hutan untuk peresapan air.

"Ya sebenarnya saya buat rumah pohon jni untuk tempat istirahat dan edukasi sebagai kesadaran lingkungan tentang lingkungan alam, dan saya menanam banyak pohon beringin disini supaya ada resapan air dan bisa dirasakan manfaatnya 10 atau 15 tahun mendatang," katanya saat ditemui di Rumah Pohon Bukit Secangklik, Minggu (28/03/2021).

Lebih lanjut, Nawan menjelaskan, untuk ketinggian lokasi Bukit Secangklik ini sekitar 670 Mdpl dari permukaan laut.

"Kalau mau berkunjung ke rumah pohon kapan saja boleh nanti kita pandu, untuk pemandangan yang bagus itu sore hari kita bisa melihat sunset dan kalau pagi hari nanti ada awan yang seakan - akan kita ini berada diaras awan," jelasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah Sunarno selaku Kepala Desa Semangung mengatakan, bahwa dengan adanya Rumah Pohon yang dibikin oleh Irawan tersebut dari Pemdes sangat senang sekali dan mendukung keberadaanya.

"Mudah - mudahan kedepan akan menjadi tempat wisata yang ramai dan akan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar," katanya.

Kades Semagung menambahkan, untuk akses jalan mungkin yang jadi kendala bagi para pengunjung yang mau berwisata ke Bukit Secangklik.

"Untuk tahun ini ada bantuan dari propinsi yaitu program PISAU akan kami gelontorkan kesana dan selanjutnya mungkin pakai Dana Desa," pungkas Kades Semagung.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV