SUARA INDONESIA

Berkunjung ke Kamar Melati 01, Tempat Singgah Bung Karno di Wisata Rembangan

Wilda Natasya - 08 October 2021 | 15:10
Wisata Berkunjung ke Kamar Melati 01, Tempat Singgah Bung Karno di Wisata Rembangan

JEMBER- Kabupaten Jember memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, setiap lokasi tentunya menyimpan kisah dan sejarah tersendiri. Seperti salah satunya adalah Kamar Melati 01, yang ada di wisata Puncak Rembangan.

Bukan tanpa alasan ruangan ini menjadi salah satu spot iconic di Rembangan. Selain keunikan arsitektur kamar bernuansa kuno, seluruh material disini juga terbuat dari kayu jati yang dicat dengan warna coklat tua.

Konon, menurut cerita dari warga sekitar yang menyaksikan secara langsung, Bapak Proklamator Ir. Soekarno saat singgah di Wisata Puncak Rembangan sempat mendiami dan beristirahat di kamar berukuran 3x5 meter tersebut.

Saat berada di teras bagian depan, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan indah yang menampilkan bentangan luas kota Jember dari ketinggian sekitar 600 Mdpl. Dengan suhu udara yang sejuk, tak heran jika tempat ini menjadi lokasi favorit Bung Karno untuk menghisap cerutunya.

Di dalam kamar, anda akan menemukan sejumlah foto beberapa tempat bersejarah  di Kabupaten Jember, seperti. Masjid Baitul Amien, Menara Air Pasar Tanjung, Patung Perjuangan Letkol M. Sroedji dan dr. Soebandi, bahkan disini wisatawan akan menemukan bingkaian tulisan tentang sejarah berdirinya wisata Puncak Rembangan.

Pengelola Objek Wisata Rembangan Sugeng Riyadi mengungkapkan, karena dianggap istimewa dan sakral kamar ini mendapatkan perawatan yang cukup intensif. Bahkan, hanya digunakan sebagai tempat untuk tamu-tamu VVIP.

“Bagi kami ruangan tersebut sangat istimewa dan sakral juga, jadi kami benar-benar merawatnya secara baik. Itulah kenapa biasanya, kamar digunakan hanya untuk tamu VVIP,” jelasnya.

Menurutnya kelestarian sejarah merupakan sesuatu yang harus dijaga dengan baik, sehingga nantinya dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.
Sugeng menjelaskan, jika ada wisatawan yang ingin mengunjungi  kamar legendaris ini untuk sekedar mengintip dan berswafoto tidak perlu khawatir. Pasalnya pihak rembangan akan selalu siap siaga memberikan pelayanan terbaiknya.

“Kalau ada yang ingin berkunjung dan melihat kamar ini, kami persilahkan. Karena memang ada sensasi yang berbeda saat berada di sini,” lanjutnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Rezki mengatakan dirinya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk berkeliling di kamar persinggahan Presiden pertama RI tersebut.

Menurutnya, tak hanya bisa menenangkan pikiran, namun juga mendapatkan ilmu baru tentang sejarah berdirinya Rembangan.

“Kalau kesini memang bisa tenang ya, apalagi saya memang penyuka sesuatu yang berbau vintage. Duduk di teras depan ini bikin sejuk gitu ke pikiran, terus di dalam kan juga ada sejarah-sejarahnya nah itu bisa jadi ilmu baru buat saya. Pokoknya worth it lah, gak bakal nyesel,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Wisata Rembangan rencananya akan menambah wahana baru yang bernama Camping Ground. Para wisatawan nantinya bisa menikmati suasana alam terbuka di malam hari, sekaligus melakukan pesta barbeque.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV