SUARA INDONESIA

Di Jember, TPA Jadi Lokasi Wisata Edukasi

Wildan Mukhlishah Sy - 02 December 2021 | 19:12
Wisata Di Jember, TPA Jadi Lokasi Wisata Edukasi

JEMBER-Satu lagi inovasi yang dihadirkan oleh Kabupaten Jember untuk mengembangkan sektor pariwisata, yakni menyulap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Kecamatan Pakusari sebagai destinasi wisata edukasi. 

Dengan memanfaatkan berbagai sampah seperti botol dan ban bekas, pihak pengelola berhasil menciptakan beragam spot yang unik dan menarik. 

Beberapa spot tersebut diantaranya, replika dinosaurus yang terbuat dari puluhan ban bekas serta sebuah pondok yang dindingnya berbahan dasar botol bekas. 

Selain spot foto, pengunjung juga dapat menjumpai beberapa papan edukasi yang menampilkan proses daur ulang sampah, area penjualan barang hasil daur ulang dan kantin yang dipercantik dengan hiasan dari barang bekas.

Bupati Jember Hendy Siswanto, sebelumnya menyatakan, akan melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan pengolahan sampah di Kabupaten Jember.

"Itu memang komitmen kami, agar pengelolaan sampah di Jember ini bisa optimal," ucapnya. 

Dirinya menilai TPA Pakusari memiliki potensi dan peluang yang cukup besar untuk berkembang menjadi lokasi wisata edukasi.

"Potensinya luar biasa dan memang harus dikembangkan," imbuhnya. 

Sementara itu, salah seorang pengunjung Siti Muarofah mengaku sangat tertarik dengan konsep yang dihadirkan oleh pengelola TPA Pakusari.

Menurutnya, selain spot yang ada di lokasi tersebut Instagramable, juga dapat menjadi wadah edukasi masyarakat dalam memanfaatkan sampah yang masih bisa didaur ulang.

"Saya baru pertama kali ke sini dan bagi saya ini sangat menarik konsep yang dihadirkan," ungkapnya, Kamis (2/12/2021).

Dirinya berharap, ke depan baik pihak pengelola dan pemerintah terus melakukan terobosan baru untuk mengembangkan wisata edukasi TPA Pakusari.

"Semoga tetap dijaga dengan baik dan dikembangkan," tandasnya.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV