SUARA INDONESIA

Embung Tlogoguwo Menjadi Destinasi Wisata Baru di Purworejo

Agus Sulistya - 19 January 2022 | 18:01
Wisata Embung Tlogoguwo Menjadi Destinasi Wisata Baru di Purworejo

PURWOREJO - Embung Tlogoguwo yang terletak diantara perbukitan menoreh tepatnya di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat karena pemandanganya yang indah.

Putra (30) salah satu warga Desa Tlogoguwo saat ditemui mengatakan, sebenarnya fungsi utama embung tersebut untuk konservasi air dan pengairan irigasi seluas 1,3 hektar.

"Embung dibangun pada tahun 2021 yang memiliki kedalam 4.5 meter dengan kapasitas tampung 15.775 meter persegi dan luas genangan 0,573 hektar, dengan biaya Rp 11,6 miliar," kata Putra di lokasi embung Desa Tlogoguwo, Rabu (19/01/2022).

Lebih lanjut, Putra mengungkapkan, embung tersebut juga banyak dikunjungi wisatawan beik dari sekitar maupun luar daerah, meskipun belum dibuka secara resmi sebagai tempat wisata.

"Bahwa sampai saat ini belum ada kepastian pengelolaan, mau dikelola pokdarwis atau Bumdes. Saat ini embung dijaga oleh pemuda sekitar 15-20 orang termasuk kebersihan dan pedagang," ungkapnya.

Sementara itu, Suparyono, salah satu pengunjung Embung Tlogoguwo mengungkapkan ketertarikannya berwisata di Embung Tlogoguwo sebagai satu-satunya embung yang ada di perbukitan menoreh.

"Saya tahu dari saudara yang pernah datang kesini, makanya saya juga mengajak anak istri main ke embung, karena pemandangan disini benar-benar indah," ungkapnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya