SUARA INDONESIA

Taman Pancasila Kota Tegal, Dulu dan Kini

Ade Windiarto - 17 January 2023 | 15:01
Wisata Taman Pancasila Kota Tegal, Dulu dan Kini

TEGAL - Taman Pancasila yang terletak di Jalan Pancasila Kota Tegal merupakan sebuah tempat bersejarah yang tidak terlepas dari perkembangan Kota Tegal. 

Taman ini sekarang menjadi ikon menarik di Kota Tegal yang berada tepat di depan Gedung SCS (Birao) dan Stasiun Kota Tegal, yang ketiganya memiliki sejarah yang berkaitan. 

Dulunya, Taman Pancasila bernama Wilhelmina Park atau Taman Wilhelmina. Karena pembangunan taman tersebut tidak terlepas dari penguasaan bangsa Belanda yang dipimpin Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange atau lebih dikenal Ratu Wilhelmina, berkuasa selama 58 tahun (1890-1948).

Namun kedatangan Jepang ke Tegal waktu itu, rupanya ingin merebut Gedung SCS (Birao) dan berniat dijadikan markas tentara Jepang. Kemudian orang-orang Belanda yang ada di dalam gedung termasuk para pejabat Belanda diusir oleh tentara Jepang. 

Ternyata, di luar Gedung Birao tepatnya di Taman Wilhelmina para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia sudah berkumpul, kemudian terjadilah peperangan sengit dan para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia berhasil mengusir Jepang dari Tegal. 

Atas kemenangan itu kemudian di Taman Wilhelmina dibangunlah tugu peringatan bernama Tugu Pancasila sekaligus mengganti Taman Wilhelmina menjadi Taman Pancasila serta jalan di depan Gedung Birao dinamakan Jalan Pancasila sekitar tahun 1950.

Kini seiring dengan perkembangan, sekitar lokasi Taman Pancasila Kota Tegal dijadikan sebagai tempat kongkow kaum remaja maupun masyarakat umum sebagai tempat wisata keluarga. 

Setiap sore hari, berbagai hiburan dan permainan anak-anak pun disajikan di tempat ini dengan nuansa klasik khas Eropa karena lokasinya diapit beberapa tempat bersejarah Kota Tegal. 

Sebagai ruang terbuka hijau, Taman Pancasila Kota Tegal enak dipandang dan tak pernah sepi, karena selain berdekatan dengan Gedung Birao dan Stasiun Tegal, sebelah barat Taman Pancasila yaitu Alun-alun dan Balai Kota Tegal. 

Tertarik dengan Taman Pancasila Kota Tegal, ajak keluarga untuk menikmati suasana pusat Kota Tegal sambil menikmati kuliner nikmat yang tak boleh terlewatkan.

Pewarta : Ade Windiarto
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV