SUARA INDONESIA

Hadiri UKW PWI, Kapolda Riau Ingatkan Pentingnya Nilai Kemanusiaan dan Kebenaran

Yudha Pratama - 23 April 2024 | 18:04 - Dibaca 359 kali
News Hadiri UKW PWI, Kapolda Riau Ingatkan Pentingnya Nilai Kemanusiaan dan Kebenaran
Kapolda Riau Irjen M Iqbal hadiri pelakaaan UKW di Hotel Prime Park Pekanbaru. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, RIAU - Kapolda Riau, Irjen M Iqbal, menghadiri kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di salah satu hotel di Pekanbaru, Selasa (23/4/2024).

Acara yang digelar selama dua hari ini, dibuka oleh Ketua PWI Pusat Hendi Ch Bangun yang juga dihadiri oleh Asisten III Pemprov Riau Elly Wardany, serta perwakilan dari Kejati Riau. Giat UKW itu diikuti oleh 30 peserta mulai jenjang wartawan muda, madya dan utama.

Ketua PWI Pusat, Hendri Ch Bangun mengatakan, dengan mengikuti UKW ini diharapkan menjadi wartawan yang profesional yang kompeten.

"Karena memang sekarang pilar keempat demokrasi adalah wartawan. Ini merupakan UKW angkatan ke-23. UKW kita ini adalah yang ke-12, selanjutnya akan diadakan di Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan dan seterusnya," kata Hendri.

Dia menargetkan, pelaksanaan di bulan Mei ini ada 10 penyelenggaraan UKW. Pada pelaksanaan Agustus mendatang, kata Hendri, pihaknya menargetkan UKW di 38 provinsi. "Semoga seluruh peserta dapat meraih hasil maksimal dan lulus dengan nilai terbaik," pungkasnya.

Sementara itu Kapolda Riau, Irjen M Iqbal memandang kehadiran wartawan sebagai pilar keempat demokrasi sangat berperan penting dalam bernegara.

"Media itu penting sekali. Artinya teman-teman sangat luar biasa. Stabilitas politik, keamanan sangat variabel. Kita tidak melihat warna, tidak melihat benefit dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah persatuan dan kesatuan bangsa dan rasa nasionalisme," ujarnya.

Mantan Kadiv Humas Polri ini menilai, profesi jurnalis itu sangat membanggakan. "Orang-orang jurnalis itu adalah orang-orang yang cerdas dan mempunyai intelektual lebih," sambungnya.

Dia berharap kepada seluruh peserta UKW PWI Riau gelombang ini, dapat menjalankan profesi dengan baik, apalagi ketika sudah dinyatakan kompeten.

"Semakin profesional, bertanggung jawab karena tulisan itu bisa menggoyang stabilitas politik keamanan, karena mengingat bahwa peranan jurnalis itu sangat penting," harapnya.

"Silahkan lakukan kritik, kontrol sosial. Framing-framing itu penting karena kita tau betul media itu sebagai penyeimbang. Tapi ingat, nilai-nilai akidah, nilai-nilai kemanusiaan, kebenaran wajib dijunjung tinggi," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yudha Pratama
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV