SUARA INDONESIA

BPJS Ketenagakerjaan Jember Sosialisasi di Pasar Tanjung

Redaksi - 20 December 2023 | 14:12 - Dibaca 728 kali
Advertorial BPJS Ketenagakerjaan Jember Sosialisasi di Pasar Tanjung
BPJS Ketenagakerjaan Jember gelar sosialisasi di Pasar Tanjung Jember, Rabu (20/12/2023). (Foto: BPJS Ketenagakerjaan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Jember menggelar sosialisasi sekaligus edukasi bertajuk Aktivasi Pasar KKBC (Kerja Keras Bebas Cemas) di Pasar Tanjung, Jember, Rabu (20/12/2023).

BPJamsostek Jember berupaya untuk menyebarkan informasi seputar jaminan sosial ketenagakerjaan. Meliputi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan besar iuran paling terjangkau hanya Rp 16.800,- sebagai antisipasi apabila terjadi resiko kecelakaan kerja dan meninggal dunia, khusus bagi pedagang pasar.

Kepala Cabang BPJamsostek Jember Dadang Komarudin mengatakan, upaya jemput bola kepada masyarakat khususnya dari pelaku usaha mikro dan kecil, termasuk peserta mandiri didasari masih banyaknya yang belum terinformasi terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Pada hari ini kami memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Dimana BPJS Ketenagakerjaan diamanahkan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia, baik sektor formal atau pekerja yang bekerja dengan perjanjian kerja dan ada pemberi kerjanya, maupun pekerja informal atau bukan penerima upah, yang bekerja mandiri untuk menghasilkan penghasilan untuk diri sendiri seperti pedagang,” paparnya.

Dadang menambahkan, target dari kegiatan ini bisa menjaring setidaknya 100 kepesertaan baru. Sebab program BPJS Ketenagakerjaan memberi banyak manfaat seperti jaminan pengobatan kecelakaan kerja unlimited hingga sembuh dan bisa kerja kembali.

“Adanya santunan kecelakaan kerja. Kemudian jika meninggal akibat kecelakaan kerja, maka ada beasiswa bagi ahli waris, tanpa ada iuran lagi ahli waris akan mendapatkan beasiswa dua orang anak dari TK hingga kuliah,” ungkapnya.

Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan sedang gencar melakukan sosialisasi masif kepada pekerja Bukan Penerima Upah atau pekerja informal seperti pedagang yang yang jumlahnya berkisar 60 persen dari total seluruh pekerja di Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan aktivasi pasar kerja keras bebas cemas (KKBC).

Sementara pekerja penerima upah atau pekerja formal seperti karyawan dan buruh yang bekerja di perusahaan pada umumnya sudah lebih peduli dengan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Namun untuk pekerja informal memang harus dijangkau dengan pendekatan khusus seperti sosialisasi memang harus dilakukan secara masif melalui komunitas profesinya atau dilakukan secara personal.

“Dan selain sosialisasi di lapangan, kami juga melakukan edukasi melalui radio di setiap cabang-cabang tersebut,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap di 122 kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini jumlah pekerja yang telah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia sebanyak 40,2 juta pekerja. Dari jumlah itu 7,2 jutanya diantaranya pekerja informal atau bukan penerima upah. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV