SUARA INDONESIA

KAI Berencana Perpanjang Rute KA Blambangan Ekspres jadi Banyuwangi-Jakarta PP

Muhammad Nurul Yaqin - 30 July 2023 | 16:07 - Dibaca 9.10k kali
Ekbis KAI Berencana Perpanjang Rute KA Blambangan Ekspres jadi Banyuwangi-Jakarta PP
Penampakan KA Blambangan Ekspres rute Banyuwangi-Jakarta PP. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Dok. Suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 berencana memperpanjang rute KA Blambangan Ekspres hingga ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

KA Blambangan Ekspres sementara ini masih melayani masyarakat mulai dari Stasiun Ketapang, Banyuwangi menuju Stasiun Semarang Tawang pulang-pergi (PP).

Rencana tersebut untuk mengoptimalkan layanan kereta api langsung dari Banyuwangi tujuan Jakarta PP. Harapannya, agar dapat dinikmati warga di Kabupaten Banyuwangi.

Pelaksana harian (Plh) Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo mengatakan, rencana perpanjangan KA Blambangan Ekspres rute Ketapang, Banyuwangi - Pasar Senen, Jakarta PP, karena permintaan dari masyarakat.

Ia menerangkan, sebetulnya KAI Daop 9 Jember telah mengoperasikan KA Pandalungan rute Stasiun Gambir, Jakarta tujuan akhir Jember PP.

"Berdasarkan animo masyarakat, sangat banyak berharap jangan mentok di Jember, namun juga kalau bisa melayani dari Banyuwangi langsung ke Jakarta," ujar Anwar, Minggu (30/07/2023).

Merespon animo warga tersebut, KAI mencoba melakukan kajian KA mana yang memungkinkan bisa untuk perpanjangan rute.

Berdasarkan kajian KAI, untuk KA Pandalungan sendiri ternyata tidak bisa dilakukan perpanjangan rute hingga ke Banyuwangi. Dikarenakan waktu perawatan sarana yang tidak memungkinkan.

"Kalau diperpanjang sampai Ketapang, otomatis waktu perjalanannya nambah 3 jam. Begitu juga untuk keberangkatannya. Jadi dengan alasan keselamatan, untuk KA Pandalungan tidak bisa diperpanjang," ungkapnya.

Meski demikian, KAI mencoba mengotak-atik jadwal rute Kereta Api lainnya. Sehingga mengerucut ke KA Blambangan Ekspres yang sangat mungkin untuk diperpanjang dari Stasiun Ketapang, Batnyuwangi sampai Pasar Senen, Jakarta PP.

"Setelah merancang jadwal, dengan keterbatasan sarana yang ada, makanya KAI mencoba memanfaatkan Kereta Api Blambangan Ekspres. Karena KA ini jadwalnya yang sangat mungkin untuk diperpanjang sampai Pasar Senen," terang Anwar.

KAI Daop 9 Jember kini tengah melakukan survei untuk mengetahui potensi pasar dan minat masyarakat akan perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang ke Stasiun Pasar Senen (Jakarta) PP.

Hasilnya, survei dengan cara mengisi link kuesioner yang disebarluaskan melalui media sosial itu rupanya betul-betul mendapat respon baik dari masyarakat.

"Sampai saat ini responden yang masuk sudah sekitar 2.900 orang. 97% diantaranya setuju adanya KA langsung dari Banyuwangi ke Jakarta," jelas Anwar.

Hasil survei itu, lanjut dia, nantinya akan dilaporkan ke kantor pusat PT KAI (Persero) untuk menentukan apakah rute KA Blambangan Ekspres Ketapang-Pasar Senen bisa dilakukan atau tidak.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV