SUARA INDONESIA

Kata Pemohon SIM di Tuban dengan Ujian Praktik Baru: Lebih Mudah

Irqam - 07 August 2023 | 14:08 - Dibaca 1.96k kali
News Kata Pemohon SIM di Tuban dengan Ujian Praktik Baru: Lebih Mudah
Lintasan tes ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C sepeda motor dengan jalur berbentuk huruf S di Satpas Polres Tuban, (Foto: Irqam/Suaraindonesia.co.id).

TUBAN, Suaraindonesia.co.id - Sat Lantas Polres Tuban resmi menerapkan praktik tes ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C sepeda motor dengan jalur berbentuk huruf S. 

Materi ujian yang awalnya menggunakan lintasan berbentuk angka 8 dan zig-zag, kini telah dirubah secara resmi pada Senin (07/08/2023). 

Penerapan ujian dengan jalur berbentuk S ini disambut positif para pemohon SIM C di Satpas Polres Tuban tepatnya di Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Salah satunya Septian, pemohon asal Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Ia mengaku, senang dengan praktik tes ujian SIM C yang baru.

"Senang, ujian praktik yang baru ini lebih mudah dibandingkan yang sebelumnya," kata Septian kepada awak media, Senin (07/08/2023).

Perempuan usia 19 tahun ini menyebutkan dirinya sudah 3 kali ikut praktik tes ujian SIM C dengan jalur berbentuk 8 dan zig-zag, namun gagal.

Dengan materi menggunakan jalur S ini, lanjut Septian, ia bisa menjalani ujian praktik SIM tanpa masalah. Menurutnya lintasan tidak terlalu sulit.

"Yang kemarin saja mau belok susah. Tapi sekarang gampang. Alhamdulilah kali ini saya lolos ujian SIM," ujarnya.

Senada dengan Zainul (29), pemohon asal Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban mengatakan, lintas praktik ujian SIM C di Satpas Polres Tuban sangat mudah meski pertama kali menjalani tes.

"Saya baru pertama kali ini. Saya rasa sirkuitnya ini mudah dan tidak ada kesulitan. Sehingga saya lolos, terima kasih Sat Lantas," ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Regident Sat Lantas Polres Tuban Iptu Mega Satriatama menyebut, perubahan tersebut sebelumnya ada 4 uji kompetensi praktik SIM C dan sekarang digabung menjadi satu.

"Yakni jalan reaksi cepat, tikungan S, lurus, dan kemudian uji reaksi di pengereman. Aturan baru ini tentunya sesuai arahan pimpinan," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV