SUARA INDONESIA

Banyuwangi Manjakan Pelaku UMKM dengan Layanan NIB Gratis

Muhammad Nurul Yaqin - 30 October 2023 | 15:10 - Dibaca 764 kali
News Banyuwangi Manjakan Pelaku UMKM dengan Layanan NIB Gratis
Layanan jemput bola NIB gratis untuk pelaku UMKM di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Suara Indonesia)

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, meluncurkan program inovatif untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten setempat.

Sebagai upaya mendorong UMKM terus naik kelas, mereka memberikan layanan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) secara gratis kepada para pelaku UMKM.

Seperti yang dilakukan di Lingkungan Sukorejo, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah, Senin (30/10/2023). Puluhan warga memadati layanan jemput bola pengurusan NIB.

Program Banyuwangi jemput bola yang dilakukan pihak Kecamatan Glagah ini bertujuan untuk memudahkan proses administrasi dan regulasi bisnis bagi UMKM.

Bukan hanya itu, pemkab juga intens memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokal.

“Kami melakukan jemput bola supaya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan izin usahanya,” ucap Hary Iswadi, Sekretaris Kecamatan Glagah.

Dalam layanan jemput bola ini, masyarakat yang mengurus NIB hanya perlu membawa KTP. Selanjutnya petugas akan memproses NIB sesuai jenis usaha yang dimiliki. Selain gratis, proses pengurusan NIB ini juga bisa ditunggu.

Hary Iswadi menambahkan, dengan memiliki NIB, para pelaku usaha khususnya UMKM bisa lebih mudah untuk mengakses permodalan di perbankan. NIB ini, lanjutnya, juga menjadi panduan sekaligus basis data bagi Pemkab Banyuwangi.

“Mana yang sudah bisa mendapatkan bantuan maupun yang terdata sebagai UMKM di Banyuwangi,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, masyarakat bisa mengajukan layanan jemput bola di lingkungannya. Masing-masing lingkungan melalui ketua RW atau kepala dusun bisa mengajukan layanan jemput bola ke kantor kecamatan. Selanjutnya, akan dijadwalkan untuk pelaksanaan layanan jemput bola.

Dia menyebut, pekan ini, Kecamatan Glagah telah menjadwalkan untuk layanan jemput bola di masing-masing kantor desa atau kelurahan. Petugas akan datang ke kantor desa/kelurahan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. “Kami jadwalkan se-Kecamatan Glagah bergilir,” katanya.

Selain NIB, layanan jemput bola ini juga melayani aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dijelaskannya, pada Undang-undang Kependudukan disebutkan, KTP bisa berbentuk digital maupun fisik. IKD ini menurutnya akan mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan yang lain.

“Makanya kami melakukan jemput bola supaya masyarakat bisa mengaktivasi KTP digital di HP-nya,” bebernya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV