SUARA INDONESIA

Karapan Sapi Bupati Sumenep Cup Resmi Digelar, Pelaku UMKM Panen Untung

Wildan Mukhlishah Sy - 06 January 2024 | 15:01 - Dibaca 915 kali
News Karapan Sapi Bupati Sumenep Cup Resmi Digelar, Pelaku UMKM Panen Untung
Salah satu stand UMKM di event Kerapan Sapi Bupati Sumenep Cup. Foto: Wildan/suaraindonesia

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Karapan Sapi Bupati Sumenep Cup, yang resmi digelar di Lapangan Kerap Bluto, Sumenep, Jawa Timur, rupanya tak sekadar memberikan hiburan bagi masyarakat, akan tetapi juga kepada para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah sekitar, Sabtu (06/01/2024).

Pasalnya, para pelaku UMKM yang menjajakan jualannya di event Karapan Sapi se Madura itu, mendulang keuntungan yang lebih tinggi, jika dibandingkan hari biasanya.

Puluhan UMKM terlihat berjejer rapi di luar lapangan karapan, dimulai dari pintu masuk area start, hingga finish. Produk yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari olahan makanan, hingga pakaian.

Tak hanya warga lokal, rupanya pelaku UMKM di salah satu rentetan Calendar of Event Sumenep 2024 tersebut, juga ada yang berasal dari luar Sumenep, seperti Pamekasan.

Salah seorang pelaku UMKM Ahmad mengungkapkan sangat bersyukur atas kegiatan yang digelar oleh Pemkab Sumenep itu. Menurutnya, beberapa saat sebelum acara dimulai, standnya ramai oleh pembeli.

Dengan begitu, dia mengaku sama sekali tidak menyesal harus bangun lebih awal, untuk mempersiapkan jualannya. Ia berharap, agar gelaran serupa lebih sering diadakan, karena sangat membantu para pelaku UMKM.

"Tadi sepi, tapi alhamdulillah beberapa saat setelah itu ramai pembelinya. Jadi saya tidak rugi harus bangun pagi, nyiapin ini semua mas," ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyatakan, selain menyajikan konsep yang berkualitas, Calender of Event 2024 juga harus memaksimalkan keterlibatan UMKM.

Dia mengakui, potensi perputaran roda perekonomian melalui pelaksanaan event-event memang cukup besar.

Kata Bupati, gelaran Calendar of Event tidak sebatas menjadi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, dalam mengenalkan potensi wisata dan budayanya. Namun juga mengatrol sektor ekonomi di Kota Keris.

"Saya kira UMKM telah menjadi backbone atau tulang punggung perekonomian di Sumenep," ucapnya.

Untuk itu, ia berharap kepada panitia agar selalu memberikan ruang seluas-luasnya kepada UMKM yang ingin ikut memeriahkan kegiatannya.

"Jadi saya harap, keterlibatan UMKM di Calendar of Event 2024 ini semakin banyak dan luas," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV