SUARA INDONESIA

Dua Politisi PKB, Apresiasi Kinerja Insan Pers

Ahmad Zainul Hamdi - 14 February 2023 | 13:02 - Dibaca 677 kali
Pemerintahan Dua Politisi PKB, Apresiasi Kinerja Insan Pers
Foto : Bupati Lumajang saat berkegiatan bersama insan pers


LUMAJANG – Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 ini, akan menjadi momen atau harapan tersendiri bagi Peerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Anang Akhmad Syaifuddin, kepada media ini, Selasa (14/2/2023), siang tadi.

Dirinya berharap agar insan pers senantiasa profesional dalam menjalankan profesi jurnalistiknya. Termasuk, dalam menjaga marwah netralitas serta terus mengedukasi masyarakat melalui tulisan-tulisan jurnalistik. Terutama, senantiasa melakukan kontrol sosial untuk keberlangsungan masyarakat.

“Saya secara pribadi mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2023. Di momen ini, saya ingin sampaikan, pers harus terus tegak lurus. Baik sebagai kontrol sosial, netralitas dan dapat memberikan informasi edukatif, serta berimbang dan aktual yang pada akhirnya menjadi informasi baru untuk masyarakat dan pemerintah,” ujar politisi PKB ini.

Menurut Ketua DPC PKB Kabupaten Lumajang ini, pers adalah bagian dari piranti dalam mematangkan konfigurasi demokrasi Indonesia. 

“Demokrasi tanpa kebebasan pers, sama dengan makan tanpa lauk. Keterlibatan pers dalam mengawal perjalanan bangsa ini, sangatlah penting. Reformasi bisa berjalan karena pers menjadi salah satu unsur didalamnya,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan, dalam mewujudkan keberlangsungan iklim industri media massa yang sehat dan maju di era digital sekarang ini, perusahaan berikut insan pers diharapkan dapat terus menjunjung tinggi profesionalitas kerja. Berinovasi melalui sejumlah kreativitas, dari sejumlah perubahan dan perkembangan.

“Apalagi di era disruption, banyak perubahan yang sangat cepat, secepat kilatan kamera. Maka, pers harus terus menjadi piranti utama, dengan segala perubahannya. Tetap mengedukasi, memberikan kontrol sosial dan netral terhadap segala hal,” tambahnya.

Sementara itu, dikatakan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menyampaikan, Pers mempunyai peranan penting sebagai agen percepatan pembangunan, karena salah satu fungsinya adalah memproduksi informasi yang menjadi referensi untuk membuat kebijakan, sehingga berdampak langsung bagi masyarakat.

"Pers menjadi bagian penting dari percepatan pembangunan. Produktivitas Insan Pers sangat penting bagi kami, karena informasi yang disampaikan berdasarkan fakta, ini sangat membantu kami untuk menyelesaikan setiap permasalahan di masyarakat," ujar Bupati Lumajang, disela kegiatannya.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Insan Pers di Kabupaten Lumajang yang telah menyuguhkan informasi kepada masyarakat, sekaligus kepada Pemkab Lumajang.

"Saya apresiasi atas respon dan informasi berbagai kejadian yang disampaikan teman-teman Insan Pers, terima kasih. Teman-teman ini dapat menyerap informasi yang harus kami tindak lanjuti," terang Ketua Banser Kabupaten Lumajang, waktu itu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ahmad Zainul Hamdi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024