SUARA INDONESIA

Tentukan Awal Ramadhan 1444 H, LF PCNU Kabupaten Mojokerto Gelar Rukyatul Hilal

Mohamad Alawi - 22 March 2023 | 20:03 - Dibaca 1.51k kali
Peristiwa Tentukan Awal Ramadhan 1444 H, LF PCNU Kabupaten Mojokerto Gelar Rukyatul Hilal
Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto menggelar Rukyatul Hilal (pengamatan bulan) untuk tentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah di Ponpes Al-Amin Putri Kota Mojokerto, Rabu (22/3/2023).

MOJOKERTO - Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto menggelar Rukyatul Hilal (pengamatan bulan) untuk tentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah. 

Bertempat di Ponpes Al-Amin Putri Kota Mojokerto , hilal berhasil terlihat oleh empat saksi perukyat pada Rabu, 22 Maret 2023. sekitar pukul 17.45 WIB, Kumandang takbir pun dilantunkan oleh panitia.

Empat saksi perukyat melihat hilal dengan mata telanjang atau bil fi’li (dengan perbuatan) maupun dengan alat canggih seperti teodolit dan teleskop binokular. Sehingga dengan terlihatnya hilal, maka dipastikan sudah memasuki bulan Ramadhan.

Hal ini dibenarkan Ketua LF PCNU Mojokerto Syamsul Ma'arif yang mengatakan hilal sudah terlihat hilal di lantai 5 Ponpes Al-Amin Putri , Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.  

“Tim melakukan pemantauan dimulai pukul 17.20.34 WIB. Hilal mulai terlihat 17.45 sampai 17.48 dengan ketinggian 7 derajat 3 menit 31 detik dengan sudut elongasi 6 derajat 20 menit 45 detik,” kata Syamsul.

Hakim Tunggal dari Kementerian Agama Mojokerto Drs. Nuril Huda, M.H juga menjelaskan, saat pemantauan hilal sore tadi faktor cuaca cerah sehingga mendukung proses rukyat. Selanjutnya, langsung dilaksanakan sidang isbat terbuka di tempat dan hasilnya dikirim ke pusat.

“Iya, begitu ada 4 orang yang mengaku melihat hilal langsung dilaksanakan sidang isbat di tempat, hasilnya kita laporkan ke pusat, Sehingga Insyaallah bisa dipastikan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis Pon tanggal 23 Maret 2023,” pungkasnya. (Tsabith Haqiqi)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV