SUARA INDONESIA

Ribuan Umat Hindu Hadiri Ritual Melasti, Bupati Blitar Ajak Lintas Sektor Jaga Toleransi

Arik Susanto - 03 March 2024 | 13:03 - Dibaca 1.21k kali
Advertorial Ribuan Umat Hindu Hadiri Ritual Melasti, Bupati Blitar Ajak Lintas Sektor Jaga Toleransi
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Ketua Dekranasda Abah Zen menghadiri Upacara Melasti di Pantai Jalosutro. (Foto: Susanto/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLITAR - Bupati Blitar Rini Syarifah mengajak seluruh lintas sektor untuk menjaga toleransi antar sesama. Hal itu dilakukan demi memperkuat tali persaudaraan dan memperkokoh persatuan umat. 

Pernyataan tersebut disampaikan saat menghadiri upacara Melasti Umat Hindu menyambut datangnya Hari Raya Nyepi di Pantai Jolusutro di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Minggu (3/3/2024). 

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar ini mengatakan, bahwa, upacara Melasti merupakan sebuah proses penyucian atau mensucikan diri bagi Umat Hindu di Kabupaten Blitar dari segala perbuatan buruk di masa lalu. 

"Saya sangat menyambut baik atas digelarnya upacara Melasti ini, dimana merupakan ritual penyucian diri, sebagai salah satu rangkaian ibadah agama Hindu guna menyambut datangnya Hari Raya Nyepi," ujarnya. 

Menurutnya, proses ini sangat penting dan sangat dibutuhkan guna mencermati penyelenggaraan kehidupan di muka bumi agar selalu berada di jalur yang benar dan sesuai dengan ajaran agama, khususnya ajaran agama Hindu, berdasarkan kitab suci Veda. 

"Melalui upacara Melasti diharapkan seluruh umat manusia beserta alam semesta senantiasa mendapat berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan, terima kasih atas kerja kerasnya serta kontribusi panjenengan (red, anda) dalam pembangunan Kabupaten Blitar," kata Bupati. 

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu menjaga toleransi beragama demi terwujudnya kedamaian, kenyamanan dan ketentraman di Kabupaten Blitar. 

Perlu diketahui, pada upacara Melasti tahun ini dihadiri puluhan ribu Umat Hindu di Blitar Raya. Sebagai puncak kegiatan Melasti, dirayakan di Pantai Jolusutro. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV