SUARA INDONESIA

4 Cara Alami Atasi Batuk Usai Sembuh dari Covid-19

Yuni Amalia - 29 July 2021 | 10:07
Kuliner 4 Cara Alami Atasi Batuk Usai Sembuh dari Covid-19

JAKARTA - Pasien Covid-19 terkadang masih mengalami dampak paparan usai sembuh dari virus tersebut. Batuk dengan gejala tenggorokan terasa gatal dan dada sesak sering kali masih dialami. 

Hal ini terjadi sebab virus corona menimbulkan peradangan di tenggorokan, sehingga kulit menjadi lebih peka.

Peradangan kerap membuat sel produksi cairan lendir belum bekerja secara normal, sehingga lendir sedikit dan kental. Radang tersebut menjadi faktor utama batuk.


Berikut 4 tips alami meredakan batuk bagi penyintas Covid-19.


1. Konsumsi Jahe Hangat

Jahe memiliki sifat anti inflamasi. Di dalam jahe, banyak kandungan zat yang efektif membatasi produksi zat pemicu peradangan, seperti sitokin dan enzim siklooksigenase. Mengonsumsi jahe hangat dipercaya dapat mengurangi risiko peradangan dan melegakan tenggorokan.

2. Hirup uap minyak kayu putih

Penghirupan uap air hangat yang dibantu minyak kayu putih bisa mempercepat penyembuhan radang. Suhu yang hangat akan mengencerkan lendir yang kental. 

3. Sering minum air putih hangat

Cara lain meredakan perdagangan yakni dengan sering minum air putih hangat. 

Air hangat dapat memperbaiki sirkulasi darah di tenggorokan. Sehingga penyembuhan sel dari radang akan lebih cepat untuk bisa memproduksi cairan tenggorokan yang banyak dan cair. 

4. Berlatih olah nafas

Menjalankan latihan pernapasan secara fokus bisa memulihkan kembali napas pasien COVID-19. Di masa pemulihan, cara ini sangat dianjurkan. 

Kamu bisa menarik nafas panjang perlahan, lalu juga menghembuskan lagi secara perlahan hingga habis. Lakukan dengan pikiran tenang untuk hasil maksimal.


Well, itu dia 4 tips untuk meredakan batuk bagi penyintas Covid-19. Semoga bermanfaat. Tetap berpikir positif dan jalani pola hidup sehat. (amj)

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Deni Ahmad Wijaya

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV