SUARA INDONESIA

Unik, Peserta Asal Papua Ikut Karnaval Budaya Kalisat Jember

Ambang Hari Laksono - 31 August 2023 | 00:08 - Dibaca 2.52k kali
News Unik, Peserta Asal Papua Ikut Karnaval Budaya Kalisat Jember
Camat Kalisat, Umar Faroek saat menari bersama peserta asal Papua dalam giat Karnaval Budaya HUT RI 78. (Foto : Ambang/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Dalam kegiatan Karnaval HUT RI ke-78 yang digelar di Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, banyak hal unik yang terjadi. Salah satunya adalah Camat Kalisat, Umar Faroek yang ikut menari bersama para peserta dari Papua.

“Peserta nya ada 3.000 lebih dan mereka menampilkan tarian-tarian adat nusantara. Yang unik adalah tarian dari Papua yang dibawakan langsung oleh siswa-siswi yang juga berasal dari suku Papua, jadi kita yang ada di tenda panitia juga ikut menari bersama,” paparnya, Kamis (31/08/2023).

Ia menuturkan, peserta yang berasal dari Papua itu merupakan siswa dari SMAN Kalisat.

“Saudara kita dari Papua ini bersekolah di SMAN Kalisat, mereka sungguh luar biasa. Jadi kita harus bangga, tarian Papua yang ditampilkan di karnaval kali ini dibawakan langsung oleh orang asli suku Papua,” jelasnya.

Tak hanya tarian dan pakaian adat nusantara saja, berbagai kebudayaan unik juga ditampilkan dalam karnaval yang berlangsung mulai pukul 10 pagi itu.

“Ada lagi Pasukan Pengibar Bendera yang melakukan atraksi baris berbaris. Mereka juga adalah para pelajar yang pada tanggal 17 Agustus kemarin menjadi petugas pengibar bendera di Kecamatan Kalisat ini,” beber Faroek.

Ia melanjutkan “Semoga dengan adanya karnaval semacam ini, masyarakat menjadi terhibur, sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme mereka karena karnaval ini merupakan rangkaian kegiatan HUT RI ke 78,” tutupnya.

Sementara itu, Marlin salah satu peserta asal Papua mengaku senang bisa mengikuti giat karnaval budaya ini. Ia berujar baru pertama kali ikut kegiatan semacam ini.

“Ini pertama kalinya dalam hidup saya bisa tampil di depan umum dengan membawa budaya kampung halaman saya, saya bangga dan akan pamerkan foto saya ke orang tua dan kerabat di papua,” tuturnya.

Dirinya berharap, kedepannya bisa terus melestarikan dan memperkenalkan budaya daerah asalnya kepada seluruh masyarakat.

“Ini jadi ajang untuk kami warga papua bisa melestarikan budaya kami, bisa memperkenalkannya kepada orang-orang di Kalisat. Semoga tahun depan ada lagi dan saya bisa ikut lagi,” pungkasnya. (*)
 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV