SUARA INDONESIA

Safari Ramadan di Banyuwangi, Istri Gus Dur Buka Puasa Bersama di Pura Agung Blambangan

Muhammad Nurul Yaqin - 26 March 2024 | 21:03 - Dibaca 671 kali
News Safari Ramadan di Banyuwangi, Istri Gus Dur Buka Puasa Bersama di Pura Agung Blambangan
Istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid, disambut umat Hindu di Pura Agung Blambangan, Banyuwangi, Selasa (26/3/2024) sore. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Sinta Nuriyah Wahid, menggelar safari Ramadan di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (26/3/2024) sore.

Menariknya, istri Presiden RI ke-4, alm. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu menyempatkan buka bersama di Pura Agung Blambangan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Tiba di pura, Sinta Nuriyah disambut meriah umat Hindu. Deretan umat Hindu dengan pakaian khasnya berderet di halaman pura, diiringi gamelan baleganjur.

Acara diawali dengan doa lintas agama. Kegiatan ini menghadirkan perwakilan umat beragama di Banyuwangi.

Diantaranya ada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuwangi, KH. Mohammad Yamien. Ada juga para tokoh dan ulama Islam, termasuk jajaran Fatayat dan Muslimat NU. Ikut hadir perwakilan umat Kristiani.

“Kegiatan buka bersama ini bagian dari safari Ramadan dan sahur keliling. Kami terus menggemakan pluralisme yang dahulu dimotori Gus Dur,” kata Sinta Nuriyah mengawali sambutannya.

Pihaknya memberikan penghargaan atas kemajemukan di Indonesia. Terutama, yang ikut hadir dalam buka puasa bersama di pura ini.

“Saya merasa bangga, pluralisme tetap terjaga. Kita berkumpul di sini dari beragam suku dan agama,” jelasnya.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Banyuwangi Sardiyanto mengaku bangga bisa kedatangan tokoh nasional, Sinta Gus Dur.

“Kami merasa terhormat, Ibu Sinta Gus Dur bisa hadir dan menggelar buka puasa bersama di pura. Ini bagian dari menggemakan pluralisme di wilayah kita,” tegasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV