SUARA INDONESIA

Cerita Nenek di Blora, Rela Berjalan Satu Kilometer demi Memborong Bazar Sembako Murah

Gunawan - 29 March 2024 | 21:03 - Dibaca 548 kali
News Cerita Nenek di Blora, Rela Berjalan Satu Kilometer demi Memborong Bazar Sembako Murah
Warga saat membeli sembako murah di Perumda BPR Bank Blora Artha, Jumat (29/3/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA – Perumda BPR Bank Blora Artha menggelar bazar sembako murah dalam program BUMD Peduli Inflasi, Jumat (29/3/2024). Agenda itu berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai di Jl. Pemuda Nomor 12, Kelurahan Mlangsen, Kecamatan/Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Berbagai sembako murah yang dijual seperti beras 5 kilogram dengan harga Rp 51.000, telur Rp 26.000/kg, gula Rp 15.000/kg dan minyak goreng harga Rp 15.000/kg ludes diserbu masyarakat.

Sri (65), warga Kelurahan Kauman Blora, mengaku berangkat dari rumah sekitar pukul 07.30 WIB dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer. Dia memang berniat berbelanja di bazar sembako murah di halaman kantor Perumda BPR Bank Blora Artha tersebut.

Ia merogoh kocek kurang dari Rp 200 ribu, sudah bisa membawa pulang sembako berupa beras 10 kilogram, minyak 2 liter, gula 2 kilogram, telur 1 kilogram, bawang putih Rp 16.000 /kg, bawang merah Rp. 23.000/kg, cabai merah Rp 4.000 /2 ons, cabai hijau (rawit) dengan harga Rp 3.000 ribu/2 ons dan kebutuhan pokok lainnya.

"Tak loloni mangkat gasik. Wis biasa aktif hadir koyo ngene iki (saya bela-bela berangkat pagi. Dan sudah biasa aktif menghadiri pasar sembako murah seperti ini)," kata dia, di lokasi bazar.

Menurut Sri, bazar sembako murah yang digelar ini memang cukup membantu masyarakat. Apalagi harga yang disuguhkan bersahabat dan terjangkau.

"Aku ono modal tak borong. Kapan lagi semurah iki, kan arep podo mudik anak-anakku Lebaran iki (ada modal saya borong. Kapan lagi ada bazar semurah ini, juga untuk persiapan nanti anak-anak pulang kampung/mudik Lebaran)," ungkapnya.

Dirinya berharap, bazar sembako pasar murah ini bisa diselenggarakan nantinya di berbagai tempat dan membawa manfaat sebagai solusi menurunkan inflasi.

"Semoga membawa dampak baik bagi masyarakat di tengah harga kebutuhan pokok jelang perayaan Hari Kemenangan yang sedang merangkak naik," kata dia, sambil memanggil becak membawa sembako borongannya.

Sementara itu, salah satu anggota Gapoktan Jepangrejo Blora "Ngalap Berkah", Kartini (40) mengatakan, giat hari ini juga disediakan pula telur sebanyak 500 kg, gula dengan jumlah 500 kg, minyak dengan total 1 kwintal dan untuk beras dari Bulog.

"Untuk nambah-nambah pemasukan rumah tangga, disediakan pula bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai merah yang dijual kepada masyarakat dengan harga yang kompetitif dan murah," terang warga Jepangrejo, Blora itu.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Blora, Puji Ariyanto mengatakan, Pemkab Blora turut membantu menurunkan harga kebutuhan pokok dalam mengatasi inflasi.

"Misalnya harga beras di umum dengan selisih kisaran Rp 4.000-an dengan giat bazar sembako BUMD," terang Puji.

Menurutnya, Blora inflasi tertinggi di Jawa. Di minggu pertama bulan Maret 2024, jatuh diangka 5,76 tertinggi kedua di Jawa. Sementara pekan kedua, Blora di tingkat ketiga inflasinya di angka 5,06. "Pasar murah ini turut andil dalam mengatasi inflasi, yakni harga berasnya," papar dia.

Puji menyebut, adanya gerakan pangan murah di beberapa tempat, dari Bulog di minggu ketiga, ada kisaran 2,83. Walaupun harga beras masih mempunyai andil yang tertinggi, namun kini kian menurun.

"Dari pemda, kami memiliki BUMD yang secara rutin dijadwalkan tiap hari ada pasar murah," imbuh Puji.

Biar tidak berkesan mengangin-anginkan inflansi, , Puji menambahkan, bazar semacam itu tidak hanya dilakukan sekali saja. Karena kegiatan bazar murah yang dilakukan sekali saja, tidak akan berdampak (menurunkan) inflasi.

Per 26 Maret 2024 sampai dengan 9 April 2024, bazar sembako murah ini tersebar di seluruh kecamatan melalui program BUMD Peduli Inflasi. "Disediakan dua ton beras. Satu ton di Perumda BPR Bank Blora Artha dan satu ton berada di wilayah Cepu," tutupnya.

Terpisah, Direktur Utama BPR Bank Blora Artha Arief Syamsuhuda mengatakan bahwa sembako murah ini dijual langsung kepada masyarakat umum.

"Ini semua berkat kolaborasi seluruh stake holder dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah inflasi kebutuhan bahan pokok yang meningkat. Semoga bermanfaat," kata Arief. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV