SUARA INDONESIA

Tunjang Pembelajaran Jarak Jauh, Tim Poliwangi Kenalkan Buku Digital Berbasis Canva

Muhammad Nurul Yaqin - 14 September 2022 | 18:09
Pendidikan Tunjang Pembelajaran Jarak Jauh, Tim Poliwangi Kenalkan Buku Digital Berbasis Canva

BANYUWANGI - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, telah mengubah metode dan sistem pembelajaran, yang awalnya luring saat ini beralih menuju daring bahkan hybrid. 

Tim dosen Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) yang terdiri dari Astri Iga Siska, Novilia Kareja dan Karina Meidayanti, membuat gebrakan sebagai penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Mereka mengenalkan buku pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva kepada tenaga pengajar, guna menunjang pembelajaran jarak jauh.

Kali ini sasaran mereka adalah guru di SMP Kosgoro Sragi, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Setidaknya ada 10 perwakilan guru yang mengikuti program yang dikenalkan tim Dosen Poliwangi itu.

"Para guru kita beri pendampingan dan pelatihan selama empat hari. Mulai pengenalan fitur pada aplikasi Canva hingga pembuatan buku digital," cetus perwakilan Dosen Poliwangi, Karina Meidayanti, Rabu (14/9/2022).

Menurut Karina, penerapan pembelajaran daring bukanlah hal yang mudah tanpa ada tantangan. Butuh upaya dan kerja keras dari semua pihak. Termasuk para guru, karena selalu berupaya untuk melakukan perkembangan.

"Pembelajaran jarak jauh ini membuat bukan hanya guru, namun juga siswa harus beradaptasi dengan teknologi dan hidup selaras untuk dapat terus melaksanakan kegiatan belajar mengajar," ucapnya.

Berangkat dari persoalan itu, lanjut Karina, tim Poliwangi kemudian menawarkan pengembangan media pembelajaran dengan pemanfaatan buku pelajaran digital berbasis Canva di SMP Kosgoro Sragi.

"Buku pelajaran ini memungkinkan untuk bisa diakses dimana saja menggunakan gadget maupun gawai. Serta dapat dimuat informasi baik dalam bentuk gambar, video maupun suara," bebernya.

Oleh karena itu, masih kata Karina, inovasi tersebut akan menjadi media pembelajaran yang berbeda dan menarik untuk mulai digunakan. "Tentunya bagus untuk diperkenalkan pada siswa," tandasnya.

Dalam sesi terakhir pelaksanaan kegiatan di SMP Kosgoro Sragi, Dosen Poliwangi itu juga menyerahkan buku pembelajaran digital yang telah disusun oleh Tim Pengabdian.

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV