SUARA INDONESIA

Ratusan Siswa PKL Mendapatkan Perlindungan BPJAMSOSTEK

Imam Hairon - 26 July 2023 | 18:07 - Dibaca 810 kali
News Ratusan Siswa PKL Mendapatkan Perlindungan BPJAMSOSTEK
Siswa SMAN 2 Jayapura pose bersama jajaran BPJS Ketenagakerjaan usai mendaftar sebagai peserta BPJS.

JAYAPURA, voiceindonesia.co.id - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK memperkenalkan pentingnya Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk siswa praktek kerja lapangan (PKL).

Pendaftaran mahasiswa magang sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tersebut, mengacu pada Permenaker No 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua untuk Kerja praktek KKN dan Magang.

Untuk mewujudkan hal tersebut BPJS Ketenagakerjaan cabang Papua Jayapura memberikan perlindungan kepada siswa/siswi yang baru saja menjalankan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang.

“Dengan adanya perlindungan jaminan sosial bagi siswa magang kerja ini, sekolah dan orangtua siswa merasa nyaman. Karena sudah ada yang menjamin jika sampai mengalami musibah. Namun, harapan kita tidak ada yang mengalami musibah. Dan tujuan praktik kerja lapangan ini terlaksana dengan baik,” jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Jayapura Haryanjas Pasang Kamase.

Saat melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang, ada kemungkinan menutup jika seseorang mengalami risiko yang tidak diinginkan.

"Jika terjadi risiko kerja, dari berangkat, saat bekerja, dan perjalanan pulang, dengan manfaat perawatan tanpa batasan biaya sesuai dengan kebutuhan medis dan santunan kematian sebesar Rp42 juta, semua dapat perlindungan dari BPJAMSOSTEK," lanjut Haryanjas.

Jumlah siswa yang magang kerja tahun 2023 yang akan dipasang ke BPJS Ketenagakerjaan Papua Jayapura kurang dari 947 siswa dengan masa perlindungan mereka bergantung pada perusahaan tempat mereka magang, ada yang diaktifkan 6 bulan hingga 1 tahun.

Meliputi SMKN 1 Keerom sebanyak 175 siswa-siswi, SMKN 2 Bisnis dan Manajemen Jayapura sebanyak 290 siswa/wi, SMKN 3 sebanyak 431 siswa/wi dan SMKN 4 Agribisnis dan Agroteknologi Jayapura sebanyak 51 siswa-siswi.

“Beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan mendaftarkan siswa PKL sebagai BPJS Ketenagakerjaan antara lain mendapatkan dua jaminan JKK dan JKM. Dengan membayar iuran sebesar Rp 16.800, peserta bisa mendapatkan perlindungan saat bekerja di sebuah perusahaan,” tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV