SUARA INDONESIA

Relawan Ganjar di Cilacap Salurkan 56.000 liter Air Bersih, Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Satria Galih Saputra - 05 November 2023 | 21:11 - Dibaca 1.12k kali
News Relawan Ganjar di Cilacap Salurkan 56.000 liter Air Bersih, Bantu Warga Terdampak Kekeringan
Sejumlah relawan Organ SWP Cilacap saat menyalurkaj bantuan air bersih untuk warga di Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari. (Foto: Galih/Suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Relawan pendukung Ganjar Pranowo - Mahfud MD yang tergabung dalam Oemah Relawan Ganjar Pranowo Sentul Water Park and Hall (Organ SWP) Kabupaten Cilacap memberikan bantuan air bersih untuk warga di 5 Kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap, Minggu (05/11/2023). 

"Air bersih yang diberikan sebanyak 56.000 liter, dengan rata-rata 7.000 liter per pengiriman," ungkap Sekretaris Oemah Relawan Ganjar Pranowo Sentul Water Park and Hall (Organ SWP) Kabupaten Cilacap Apriliadi. 

Adapun sasaran bantuan meliputi Desa Kubangkangkung (dua titik lokasi), Desa Bojong, Desa Sidaurip, Kecamatan Kawunganten, Desa Sitinggil, Kecamatan Bantarsari, Desa Cijati, Kecamatan Cimanggu, Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, dan Desa Sumingkir, Kecamatan Jeruklegi. 

"Semakin meluasnya bencana kekeringan akibat fenomena El Nino, menggerakkan hati nurani relawan Organ SWP Cilacap untuk saling membantu," ujar Apriliadi. 

Ia menyebut, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian antar sesama. "Kami berinisiatif untuk membantu warga masyarakat terdampak kekeringan melalui penyaluran bantuan air bersih ke beberapa desa, khususnya di Cilacap wilayah Barat," bebernya. 

Sebelumnya relawan Organ SWP Cilacap telah melakukan penyaluran air bersih di 8 titik lokasi di wilayah Kabupaten Cilacap. 

"Alhamdulilah kami bergerak kembali. Semoga kegiatan sosial kami ini bermanfaat dan bantuan ini dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga, meskipun seadanya dan tidak banyak," kata Apriliadi. 

Sementara itu, Purwanto, Ketua RT 01 RW 05 Dusun Gayamsari, Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari mengaku senang warganya mendapat bantuan air bersih. 

Ia mengaku merasa terbantu karena saat ini kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan untuk kebutuhan harian pun tidak ada. "Sebelumnya kami kesulitan mendapatkan air bersih. Jangankan untuk mandi, bahkan untuk keperluan sehari-hari seperti memasak pun sulit, sekalinya ada, mahal," ungkapnya. 

"Alhamdulilah, terima kasih banyak kepada relawan "Organ-SWP" yang sudah mengirimkan bantuan air bersih. Kami sangat terbantu," pungkas pria paruh baya ini. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV