SUARA INDONESIA

Forkopimda Banjarnegara Sepakat, Pilkades Gelombang II Siap Digelar

Iwan Setiawan - 02 March 2024 | 11:03 - Dibaca 1.05k kali
News Forkopimda Banjarnegara Sepakat, Pilkades Gelombang II Siap Digelar
Forkopimda Banjarnegara saat menggelar rapat membahas Pilkades serentak pada 5 Maret 2024. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  Gelombang II Kabupaten Banjarnegara pada 5 Maret 2024 di 57 desa siap digelar. Demikian hasil rapat koordinasi Forkopimda yang digelar di Pringgitan Rumah Dinas bupati, Jumat (1/3/2024).

Hasil rapat yang tertuang  dalam berita acara  ditandatangani bersama oleh anggota Forkopimda. Antara lain mengedepankan pertimbangan dari semua unsur.

Forkopimda Kabupaten Banjarnegara sepakat bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang II Tahun 2024 dilaksanakan sesuai rencana sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Bupati Banjarnegara Nomor  140/224 Tahun 2023.

Pj Bupati Tri Harso Widirahmanto menyampaikan, jika mengikuti arahan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri agar pelaksanaan pilkades di Banjarnegara untuk ditunda karena pertimbangannya akan diterbitkannya revisi UU Desa, maka kondisi kamtibmas di Banjarnegara menjadi tidak kondusif.

"Setelah berkonsultasi hukum berkaitan dengan isi revisi RUU Desa, adalah tetap dapat dilantik Calon Kepala Desa hasil Pilkades Gelombang II Tahun 2024 yang diselenggarakan menggunakan dasar UU 6 Tahun 2014," ungkapnya.

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso memberikan masukan bahwa pelaksanaan Pilkades secara langsung atau tidak langsung akan berdampak pada bidang sosial, ekonomi dan trantibum.

Perkiraan kerawanan saat Pilkades sudah dipetakan untuk antisipasi yakni pada pra, saat dan pasca pemungutan suara.

"Saat ini, kondisi kerawanan di Banjarnegara adalah kondusif, apabila ditetapkan kebijakan penundaan, dapat dipastikan akan timbul gejolak yang lebih rawan dibanding paska Pj.Bupati menerbitkan penundaan tahapan Pilkades pada tanggal 21 Februari 2024," ujarnya.

"Polisi bersama Kodim 0704, Satpol PP dan unsur lainnya siap mendukung pelaksanaan Pilkades Gelombang II Tahun 2024 Kabupaten Banjarnegara," pungkasnya.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua DPRD  Banjarnegara, Kapolres, Kajari, Dandim 0704 Banjarnegara, Sekda, Wakapolres,, Kasdim 0704 Banjarnegara, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dispermades PPKB dan Kabag Hukum Setda. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV