SUARA INDONESIA

Sebanyak 76 Orang Meninggal Setiap Hari Akibat Kecelakaan

Andi Saputra - 02 March 2024 | 16:03 - Dibaca 1.12k kali
News Sebanyak 76 Orang Meninggal Setiap Hari Akibat Kecelakaan
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto: Andi Saputra/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SEMARANG - Polda Jateng melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan. Apel yang dilaksanakan di lapangan pancasila Semarang ini, sebagai upaya menekan angka kecelakaan dan fatalitas, Sabtu (2/3/2024). 

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, berdasarkan data dalam setahun terdapat angka kecelakaan cukup tinggi secara nasional, yakni lebih dari 152. 000 kecelakaan dan juga lebih dari 27.000 korban meninggal dunia. 

"Dari data diketahui bahwa dalam satu hari ada 76 orang meninggal akibat kecelakaan dan dalam satu jam ada tiga orang yang meninggal akibat kecelakaan. Oleh karena itu, untuk mendukung tindakan pencegahan kecelakaan lalu lintas, maka digelar aksi keselamatan jalan," ujarnya. 

Menurutnya, operasi keselamatan lalu lintas akan menyasar tujuh pelanggaran yang mengakibatkan banyak korban.

"Ketujuh pelanggaran itu antara lain, over speed atau kecepatan berlebihan, helm tidak standard, tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendaraan di bawah pengaruh alkohol atau obat-obat terlarang, penggunaan handphone saat berkendara, melawan arus dan overload," jelasnya. 

Sementara itu, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho menuturkan, operasi keselamatan sudah direncanakan oleh Polda Jateng, dengan tujuan untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas.

“Sudah ditetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Polda Jawa Tengah,” ujarnya.

Dia menambahkan, operasi keselamatan lalu lintas akan dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 4 hingga 7 Maret 2024, yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, tema yang diambil adalah keselamatan berlalu lintas guna mewujudkan Indonesia maju.

“Operasi ini mengedepankan upaya preventif disertai penegakan hukum dengan humanis dan edukatif. Tujuan digelarnya operasi ini untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV