SUARA INDONESIA

Bahu Jalan dan Trotoar Taman Patih Sampun Pemalang Habis untuk Lahan Parkir

Ragil Surono - 02 April 2024 | 15:04 - Dibaca 425 kali
News Bahu Jalan dan Trotoar Taman Patih Sampun Pemalang Habis untuk Lahan Parkir
Nampak ratusan sepeda motor terparkir di trotoar dan bahu jalan di depan Taman Patih Sampun, Pemalang Kota. (Foto: Ragil/Suara Indonesia)

SUARAINDONESIA, PEMALANG - Sarana umum seperti jalan dan trotoar adalah fasilitas publik yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Namun apa jadinya ketika kedua sarana publik itu dipergunakan untuk tempat parkir ratusan motor, hingga masyarakat tak kebagian?

Pemandangan seperti inilah yang terjadi di lingkungan Taman Patih Sampun Pemalang, Jawa Tengah. Ratusan kendaraan bermotor terparkir di sepanjang bahu jalan dan di atas trotoar. Ratusan sepeda motor itu berasal dari titipan siswa dari beberapa sekolah menengah umum di kota setempat.

Kepala Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang Rizal mengatakan, jika pihaknya sudah beberapa kali mengingatkan kepada juru parkir agar selalu menata parkiran supaya tidak mengganggu ketertiban umum.

"Untuk yang kesekian kali, kami sudah melakukan pembinaan kepada juru parkir di situ agar parkir satu lapis saja, sisanya ditata di dalam," jawab Rizal, saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Selasa (2/4/2024).

Terpisah, beberapa lalu, Bagian Kesiswaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pemalang Untung, ketika ditemui di ruang kerjanya menuturkan, jika pihak sekolah walaupun keberadaanya persis di depan Taman Patih Sampun, tapi selalu mengawasi dan mengimbau siswanya agar tidak memarkirkan sepeda motor di taman.

"Bahkan, kami undang orang tua siswa agar anaknya jangan memarkirkan sepeda motor ketika berangkat sekolah di Taman Patih Sampun," ujar Untung.

Menanggapi hal itu, Sandy (45), warga setempat, mengeluhkan kondisi parkiran di depan Taman Patih Sampun, yang memakan bahu jalan dan trotoar.

"Sangat mengganggu arus lalu lintas di situ. Dan kasihan pejalan kaki, karena terhalang oleh ratusan motor yang diparkirkan," keluhnya.

Perlu diketahui, Taman Patih Sampun yang diresmikan oleh mantan Bupati Pemalang Junaedi, adalah fasilitas publik yang dibangun untuk sarana rekreasi warga. Segala macam sarana dan prasarana yang ada, diperuntukkan bagi kenyamanan warga yang menggunakan fasilitas itu. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV