SUARA INDONESIA

Penanganan Arus Mudik di Tol Fungsional Solo-Jogja Libatkan Tiga Polres

Ragil Surono - 02 April 2024 | 20:04 - Dibaca 452 kali
News Penanganan Arus Mudik di Tol Fungsional Solo-Jogja Libatkan Tiga Polres
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan pernyataan pada awak media pada acara bukber di Mapolda Jateng. (Foto: Humas Polres Pemalang)

SUARAINDONESIA, PEMALANG - Penggunaan jalur tol fungsional Solo-Jogja akan disesuaikan situasi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kartasura. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan para pemudik, mengingat jalur tol masih dalam tahap pembangunan.

Demikian penyampaian Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi pada awak media, usai mengikuti acara buka bersama internal Polda Jateng yang dihadiri seluruh PJU Polda dan para kapolres jajaran di Polda Jateng, Selasa (2/4/2024) petang.

"Di jalur tol fungsional belum terdapat rambu-rambu, lampu penerangan juga belum ada. Kami gunakan apabila daerah Kartasura terjadi kepadatan," ujar Ahmad Luthfi.

Pemberlakuan jalur tol fungsional akan dimulai pukul 06.00 sd 17.00 WIB. Kondisi jalan yang masih dalam tahap pembangunan juga membuat kendaraan akan mengalami perpindahan jalur yang dilewati.

"Jadi pagi kita buka, sore kita tutup. Jalur juga masih zigzag dari jalur A beralih ke jalur B, lalu masuk lagi jalur A," jelasnya.

Untuk menjaga arus lalu lintas tetap lancar, pihaknya akan menyiagakan sejumlah anggota di jalur tol fungsional.

Kapolda menyebut, penanganan arus mudik di tol fungsional akan melibatkan tiga polres yaitu Boyolali, Karanganyar dan Klaten. Kepadatan diperkirakan akan terjadi di wilayah Ngawen, Klaten, yang merupakan tempat keluar masuk kendaraan di jalur tol fungsional.

"Jadi nanti tiga kapolres akan selalu berkoordinasi (untuk kelancaran arus). Taktis dan teknis dikendalikan oleh Kapolres Karanganyar," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya menyiapkan Tim Urai Kemacetan yang akan selalu berpatroli untuk menangani kepadatan arus lalu lintas.

"Mereka pakai roda dua, akan selalu berpatroli dan terus memantau perkembangan melalui HT. Jika di suatu wilayah ada kemacetan bisa segera dikendalikan," tutur Ahmad Luthfi.

Jenderal polisi bintang dua ini juga meminta masyarakat yang akan menggunakan jalur tol fungsional agar waspada dan berhati-hati, mengingat kondisi jalan yang masih dalam tahap konstruksi.

"Saat ini, debu di tol diguyur hujan. Nanti akan dilakukan pembersihan, H-1 akan mulai dibersihkan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV