SUARA INDONESIA

HIMPASS Komitmen Bangun Penguatan Informasi dan Potensi Desa di Sadulang Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 03 April 2024 | 11:04 - Dibaca 469 kali
News HIMPASS Komitmen Bangun Penguatan Informasi dan Potensi Desa di Sadulang Sumenep
Pelepasan Pengabdian HIMPASS di Pelabuhan Kalianget (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sumenep (HIMPASS) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, untuk tahun 2024.

Di tahun keenam itu, pengabdian HIMPAS dilakukan di Desa Sadulung, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai tanggal 3 sampai 6 April 2024.

Pelepasan peserta pengabdian HIMPASS itu dilakukan di Pelabuhan Kalianget, Selasa (02/04/2024).

Ketua Umum HIMPASS, Andik Papa mengatakan di tahun 2024 ini, pihaknya berkomitmen untuk membangun penguatan informasi dan potensi desa.

Termasuk diantaranya, melaksanakan kegiatan sosial dengan menggandeng beberapa komunitas pemuda Desa.

"Selama empat hari nantinya, kami akan lakukan penguatan kelembagaan Desa, termasuk mendorong motivasi kuliah, dan kegiatan sosial," paparnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi penuh kehadiran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam kegiatan pelepasan tersebut.

"Atas nama HIMPASS saya juga berterima kasih kepada Pemkab Sumenep karena selalu antusias dengan program tahunan ini," tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Dewi Khalifah )ada kesempatan tersebut, dirinya meminta para peserta pengabdian untuk memaksimalkan potensi di kepulauan.

"Beberapa potensi di Sadulang bisa dimaksimalkan, apakah itu berbentuk produk olahan sehingga bisa jadi produk unggulan, atau juga nanti bisa didorong untuk di eksplor keluar Pulau Sadulang," ujarnya.

Menurutnya, explorasi potensi di kepulauan saat ini masih sangat minim dilakukan, padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang penting untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) sekaligus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Karena memang beberapa potensi di kepulauan masih kurang eksplorasinya. Nah dengan pengabdian ini saya harap pengabdian ini bisa mengangkat potensi alam atau Sumber Daya Manusia (SDM)," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya juga meminta para pengabdian HIMPASS melakukan kolaborasi kepada berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Desa (Pemdes) Sadulung, hingga kelompok karang taruna setempat.

"Saya berharap, adik-adik Himpass saat melaksanakan pengabdian bisa berkolaborasi dengan masyarakat, Kades, serta kelompok organisasi yang ada di lingkungan Desa Sadulang," tambahnya.

Ia berharap, ke depan program pengabdian HIMPASS yang telah menjadi agenda rutin itu, bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Bahkan ia, memiliki harapan besar, agar program tersebut bisa dikolaborasikan dengan dinas-dinas di Kabupaten Sumenep, hingga pihak ketiga, yang memungkinkan untuk memaksimalkan proses pengabdian.

"Mudah-mudahan tahun 2025 HIMPASS masih tetap bisa mendampingi masyarakat Kepulauan, dengan melakukan pembinaan. Kedepan kegiatan HIMPASS bisa dikolaborasikan dengan Dinas terkait, entah tentang kesehatan, atau mungkin bisa dikomunikasikan dengan SKK Migas KEI ya di sana, supaya kegiatan tahun depan bisa lebih maksimal," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV