SUARA INDONESIA

Operasi Ketupat Toba 2024 dan Pengamanan Idul Fitri 1445 H, Ribuan Personel TNI Polri Disiapkan

Lamhot Naibaho - 03 April 2024 | 14:04 - Dibaca 380 kali
News Operasi Ketupat Toba 2024 dan Pengamanan Idul Fitri 1445 H, Ribuan Personel TNI Polri Disiapkan
Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor, mengecek kesiapan personel di lapangan Polres Tapteng. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TAPTENG- Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024. Ini dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik, serta perayaan Idul Fitri 1445 H, Rabu (03/04/2024) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Apel Polres Tapteng tersebut dipimpin oleh Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor. Turut hadir Asisten I Pemkab Tapteng Erman Syahrin Lubis, unsur TNI, serta pejabat instansi terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolres Tapanuli Tengah membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dia menyampaikan, betapa pentingnya sinergi antara TNI-Polri dan berbagai pihak terkait dalam pengamanan arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H.

Menurutnya, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023. Maka, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali.

“Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih. Ini dari survei. Oleh karena itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal," ucapnya.

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama pemangku kepentingan terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Operasi Ketupat Toba 2024 di wilayah Polres Tapteng ini melibatkan ribuan personel. Baik dari Polri, TNI, juga instansi terkait. Selain itu, juga membangun dua pos pengaman, dua pos pelayanan dan satu pos terpadu. Pos tersebut untuk pelayanan dan pengamanan, terutama pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV