SUARA INDONESIA

Pertahankan Zero Case PMK, Disnak Jombang Gencarkan Vaksin ke Hewan Ternak

Gono Dwi Santoso - 25 April 2024 | 08:04 - Dibaca 565 kali
News Pertahankan Zero Case PMK, Disnak Jombang Gencarkan Vaksin ke Hewan Ternak
Petugas Kesehatan dari Dinas Peternakan saat melakukan vaksinasi PMK ke hewan ternak di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang pada bulan lalu Rabu (07/03/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, gencar melakukan vaksinasi dalam upaya mempertahankan peringkat nol kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kabupaten setempat.

Langkah ini dilakukan dengan meningkatkan vaksinasi pada hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba yang belum mendapatkan vaksin PMK .

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang Agus Susilo Sugioto mengatakan, upaya ini mencakup berbagai jenis vaksin, termasuk vaksin tahap 1, 2, dan 3 untuk sapi.

“Saat ini, fokus juga diperluas untuk melibatkan ternak kambing dan domba yang sebelumnya belum mendapatkan perhatian serupa," jelasnya, Kamis (25/4/2024).

Agus menjelaskan, dengan jumlah populasi kambing dan domba yang signifikan, dinas menginstruksikan kepada tim lapangan untuk menjangkau dua ternak ini yang sebelumnya belum tersentuh vaksin.

"Jadi petugas dokter hewan bersama melakukan vaksinasi ke hewan ternak sapi maupun domba yang belum diberikan vaksin," terangnya.

Agus menambahkan, populasi ternak terbesar berada di wilayah selatan dan utara Kabupaten Jombang. Sementara Jombang bagian tengah memiliki populasi yang lebih sedikit. Meski begitu, vaksinasi terus diperluas untuk mencakup semua wilayah.

"Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pembentukan kekebalan komunal pada ternak yang rentan PMK di Kabupaten Jombang akan terpenuhi hingga akhir tahun, menjaga keberhasilan pencapaian peringkat nol kasus PMK," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV