SUARA INDONESIA

Kawanan Bangau dan Petani Pembajak Sawah, Jadi Simbiosis yang Saling Menguntungkan

Ragil Surono - 29 April 2024 | 11:04 - Dibaca 405 kali
News Kawanan Bangau dan Petani Pembajak Sawah, Jadi Simbiosis yang Saling Menguntungkan
Seorang petani di desa cibeyuk sedang mengolah tanah persawahan di temani ratusan burung bangau ( Foto: Ragil )

SUARA INDONESIA, PEMALANG- Aktivitas membajak sawah oleh petani di Desa Cibeyuk, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mengundang serbuan ratusan burung bangau.

Kehadiran koloni burung berleher panjang berparuh kuning dengan bulu putih ini, menjadi pemandangan menarik. Bahkan, petani merasa diuntungkan karena ratusan bangau itu bisa membantu memberantas hama di sawah.

Pantauan awak media, ratusan burung pemangsa bancet (katak kecil) dan kepiting sawah itu, berkerumun di persawahan Desa Cibeyuk, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Senin (29/4/2024) pagi.

Tampak seorang petani bernama Taryono, sedang membajak sawah. Sementara burung bangau mengiringi petani saat traktor dijalankan. Seketika, bangau sawah itu bergegas mematuk buruan makanan dari tanah yang telah dibajak.

“Setiap membajak sawah selalu muncul dan ikut membantu membersihkan hama,” ujar Taryono, petani Desa Cibeyuk.

Di tempat yang sama, perempuan bernama Tari (55) warga setempat mengatakan, jika setiap kali sawah dibajak akan muncul burung yang dianggap sebagai sahabat petani tersebut.

"Memakan katak kecil dan kepiting, serta ikan atau belut yang muncul dari bawah tanah hasil traktoran," jelasnya.

Terpisah, Edi Firmani (62) warga Kecamatan Pemalang, alumni sekolah teknologi pertanian mengungkapkan, spesies burung bangau sawah memiliki fungsi sebagai penyeimbang dengan memakan hewan-hewan kecil di sawah atau lahan basah.

Kehadiran bangau, menurutnya, juga membantu melindungi lahan dari hama pertanian, seperti wereng dan walang. Satwa tersebut mesti dilindungi, terlebih keberadaanya di kawasan sawah Kabupaten Pemalang kian berkurang.

“Kawanan burung bangau jadi pemangsa yang mempunyai peran penting dalam rantai makanan,” ungkapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV