SUARA INDONESIA

Menteri ATR/BPN: 91,3 Juta Bidang Tanah di Indonesia Telah Bersertifikat

Muhammad Nurul Yaqin - 30 April 2024 | 16:04 - Dibaca 638 kali
News Menteri ATR/BPN: 91,3 Juta Bidang Tanah di Indonesia Telah Bersertifikat
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan sambutan, Selasa (30/4/2024). (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membeberkan bahwa 91,3 juta bidang tanah telah bersertifikat.

Berdasarkan data hingga April 2024, Kementerian ATR/BPN telah menerbitkan sebanyak 33.553 Sertifikat Tanah Elektronik dan 34.929 Buku Tanah Elektronik. 

Kementerian ATR/BPN juga telah berhasil mendaftarkan sebanyak 112 juta bidang tanah dari target 120 juta bidang tanah terdaftar di tahun 2024. 

Dimana, 91,3 juta bidang tanah diantaranya telah bersertifikat. Sampai April ini, total Kabupaten/Kota Lengkap di Indonesia ada sebanyak 15 kabupaten/kota. 

“Pencapaian ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat,” kata Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendampingi Presiden Jokowi membagikan sertifikat tanah kepada ribuan warga Banyuwangi, Selasa (30/4/2024).

AHY menyebut, ATR/BPN akan terus mengebut program tersebut hingga betul-betul final meski diungkapkannya tidaklah mudah.

Ditambahkan AHY, estimasi jumlah bidang tanah di Indonesia adalah 126 juta bidang yang diharapkan selesai hingga tahun 2025.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah. Kami berupaya yang terbaik. Semoga kami menjalankan amanah sebaik-baiknya,” ujar Menteri AHY di hadapan ribuan warga Banyuwangi.

Sebagai informasi, AHY hadir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Gedung Olahraga (GOR) Tawangalun.

Giat kali ini merupakan kali pertama Menteri AHY mendampingi Presiden RI untuk menyerahkan sertifikat kepada ribuan masyarakat Banyuwangi. 

Sejak dilantik pada 21 Februari 2024, Menteri ATR/Kepala BPN sendiri sudah melakukan beberapa kali kunjungan untuk menyerahkan sertifikat langsung ke tangan masyarakat, baik itu sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sertifikat untuk Aset BMN/BMD/BUMN/BUMD, sertifikat tanah wakaf, sertifikat hasil Redistribusi Tanah, hingga sertifikat hasil Konsolidasi Tanah yang baru saja dilaksanakan di Palu pada Minggu lalu.

Pada kesempatan ini, total sertifikat tanah yang diserahkan mencapai 10.323 sertifikat dengan jumlah penerima sebanyak 8.633 kepala keluarga (KK). Setidaknya, akan hadir 5.000 orang penerima sertifikat yang berasal dari 17 desa di Kabupaten Banyuwangi.

Adapun sertifikat yang diserahkan merupakan hasil program Redistribusi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan (SK Biru) yang mana telah diamanatkan Presiden RI pada akhir 2023 untuk ditindaklanjuti dengan diterbitkan Sertipikat Hak Atas Tanahnya.

Hadir mendampingi Menteri AHY dalam penyerahan sertipikat kali ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN serta Plt. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur beserta jajaran. 

Turut hadir dalam penyerahan sertipikat ini, Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono dan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani beserta para Forkopimda Kabupaten Banyuwangi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV