SUARA INDONESIA

Wow! Calon Jemaah Haji Tertua Probolinggo Berusia Satu Abad

Lutfi Hidayat - 10 May 2024 | 19:05 - Dibaca 1.36k kali
News Wow! Calon Jemaah Haji Tertua Probolinggo Berusia Satu Abad
Nenek Ngatima, calon jemaah haji Kabupaten Probolinggo berusia 100 tahun. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO – Calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Probolinggo berjumlah 912 orang. Salah seorang di antara ratusan CJH itu ada yang telah berusia satu abad (seratus tahun).

Jemaah haji itu bernama Ngatima alias Tirjo warga Desa/Kecamatan Leces. Meski telah berusia lanjut, nenek Ngatima masih sehat dan segar bugar. Hal Itu terlihat saat SuaraIndonesia.co.id bersama sejumlah wartawan lain berkunjung ke rumahnya.

Dengan penuh semangat, nenek Ngatima menyambut wartawan. Ia menceritakan perjuangannya mendaftar ibadah haji. 

“Terima kasih nak sudah berkunjung ke sini. Alhamdulillah meski sudah berusia 100 tahun, saya selalu di depan kalau ada pertemuan (manasik haji-red) di kabupaten,” ungkap nenek yang lahir 5 Juli 1924 ini, Jumat (10/5/2024).

Nenek Ngatima akan berangkat bersama Kloter 33 Kabupaten Probolinggo menuju Embarkasi Surabaya pada Minggu 19 Mei 2024 mendatang.

Ia berangkat menunaikan ibadah haji seorang diri, sebab suaminya Madun telah lama meninggal dunia. Tidak begitu banyak persiapan keberangkatan haji yang dilakukan nenek Ngatima.

Termasuk barang bawaan yang akan ia bawa ke Mekah, hanya beberapa keperluan yang telah ditentukan dan disarankan oleh Kemenag Kabupaten Probolinggo. Hal itu agar ia tidak terlalu lelah dan kerepotan membawa barang bawaannya.

“Saya berangkat haji sendiri, karena bapaknya sudah meninggal 20 tahun lalu. Alhamdulillah saya dapat panggilan haji ini, saya nunggu 6 tahun untuk berangkat haji,” imbuh nenek yang gemar menginang ini.

Nenek Ngatima saat ini lebih fokus pada menjaga kesehatan tubuhnya, ia juga telah mengurangi sebagian besar aktivitasnya sebagai tukang pijat bayi dan orang dewasa, serta buruh tandur di sawah.

Dia berharap bisa selalu sehat dan dilancarkan dalam seluruh rangkaian proses ibadah haji nantinya.

“Doakan saja ya nak, semoga ibadah haji saya lancar dan selalu sehat. Dimudahkan semuanya nanti saat di Mekah-Madinah ya,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV